Skip to main content

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN : Jenis-jenis dan Proses pembentukan barang tambang


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SIKLUS 1

Nama Sekolah
:
SMA 
Mata Pelajaran
:
Geografi
Kelas / Semester
:
XI / Genap
Alokasi Waktu
:
3X 45 menit (1x Pertemuan)
Materi Pokok/ Sub Materi
:
Jenis-jenis dan Proses pembentukan barang tambang

A.    Kompetensi Inti
1.   Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.   Menununjukkan perilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli (toleran, damai, gotong royong), percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial, dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cermin bangsa dalam pergaulan dunia.
3.   Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.   Menalar, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan yang telah dipelajari disekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator
3.2 Menganalisis sebaran barang tambang di Indonesia berdasarkan nilai strategisnya
3.2.1 Mengidentifikasi jenis-jenis barang tambang
3.2.2 Mendeskripsikan proses pembentukan barang  tambang
4.2 Mengkomunikasikan sebaran barang tambang di Indonesia berdasarkan nilai strategisnya dalam bentuk artikel ilmiah, makalah atau bahan publikasi lainnya.
4.2.1  Mengkomunikasikan sebaran barang tambang di Indonesia melalui presentasi..



C. Tujuan Pembelajaran
            Setelah mengikuti proses pembelajaran di harapkan siswa dapat:
1.      Melalui proses mencari informasi, menanya, dan berdiskusi peserta didik dapat menunjukkan perilaku peduli dalam mempelajari jenis-jenis barang tambang dan proses pembentukannya.
2.      Melalui proses mencoba, mengasosiasi, dan mengomunikasikan  peserta didik dapat mendeskripsikan jenis-jenis barang tambang dan proses pembentukannya.

D. Materi Pembelajaran
1. Materi pembelajaran regular
        Jenis-jenis barang tambang dan proses pembentukannya 
    
E. Metode Pembelajaran
1. Model       : Discovery learning
2. metode      : Ceramah, Diskusi dan eksperimen

F. Media pembelajaran
     Media :
·      Video
·      Powerpoint
·      Lembar penilaian
Alat/Bahan :
·         Penggaris, spidol, papan tulis
·         Laptop/infocus

G. Sumber Belajar
·      Wardiyatmoko K. 2006. Geografi SMA Jilid 1 Untuk Kelas X. Jakarta: Erlangga.
·      Perpustaan sekolah
·      Multimedia interaktif dan Internet







H. Langkah-Langkah Pembelajaran
     Pertemuan Pertama
Kegiatan
Langkah Discovery Learning
Deskripsi
Hal yang di Integrasikan
Alokasi waktu
Pendahuluan
Fase 1
Stimulation (pemberian rangsangan)

-    Guru dan siswa memulai pembelajaran dengan mengucapkan salam dan bedoa.
-    Guru memeriksa kehadiran siswa.

Motivasi dan Apersepsi
-    Guru memperlihatkan contoh barang tambang (misal emas)
-    Guru bertanya kepada peserta didik mengenai barang tambang yang telah mereka ketahui
-    Guru menyajikan informasi melalui power point dan menjelaskan beberapa konsep penting tentang jenis-jenis barang tambang dan proses pembuatan barang tambang seperti yang terdapat dalam buku siswa
-    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
PPK:
Nilai religi salam, berdoa





PPK:
Responsive












PPK:
komunikatif
10 menit
Kegiatan Inti
Fase II
Problem Statemen (pernyataan/identifikasi masalah)


-   Guru menanyakan kepada siswa  apa yang dimaksud dengan barang tambang dan bagaimana proses pembentukannya? 
-   guru memberikan umpan balik terhadap jawaban siswa.
-   Peserta didik menjawab pertanyaan dengan jujur sesuai  daya nalar masing-masing
PPK:
Aktif



PPK:
Jujur, bekerja sama, tanggung jawab, mandiri, kumunikatif
110 menit


Fase III
Data Collection (pengumpulan data)

-   Guru meminta siswa membentuk kelompok yang terdiri dari 5-6 orang perkelompok.
-   Guru membagikan LKPD 01 tentang jenis-jenis barang tambang dan proses pembuatan barang tambang pada setiap kelompok
-    Guru meminta siswa untuk dapat memahami petunjuk kerja terlebih dahulu sebelum mengerjakan kegiatan LKPD 01 tentang jenis-jenis barang tambang dan proses pembuatan barang tambang.
-    Guru membimbing kelompok dalam mengerjakan pratikum pada LKPD 01 tentang jenis-jenis barang tambang dan proses pembuatan barang tambang.
-    Guru mengarahkan siswa dalam pengambilan data, analisis data dan penarikan kesimpulan.
PPK:
Jujur, bekerja sama, tanggung jawab, mandiri, kumunikatif

Fase IV
Data processing (pengolahan Data)

-    Setelah memperoleh data hasil pengamatan, peserta didik melakukan pengolahan data pada LKPD 01 tentang        Jenis-jenis barang tambang dan proses pembentukannya 
-    Guru memperhatikan dan mendorong siswa untuk terlibat aktif dalam diskusi kelompok 
-    Guru membimbing siswa untuk mengaitkan materi pada percobaan sehingga siswa dapat menyelesaikan laporan hasil pengamatan
PPK:
Jujur, bekerja sama, tanggung jawab, mandiri, kumunikatif

Fase V
Verification (pembuktian)

-   Guru menyuruh masing-masing kelompok untuk mempresentasikan hasil kegiatan LKPD 01 tentang        Jenis-jenis barang tambang dan proses pembentukannya   didepan kelas
-   Sedangkan kelompok lain menanggapi hasil prentasi dari teman sekelas dan guru menanggapi jawaban siswa.
PPK:
Aktif, komunikatif




PPK:
Jujur, bekerja sama, tanggung jawab,
Penutup
Fase VI Generalization (menarik kesimpulan)

-    Guru bersama siswa menarik kesimpulan berdasarkan hasil pratikum yang telah dilakukan
-    Guru meminta siswa untuk mencatat hal-hal yang diperlukan

-    Guru menyampaikan sub materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya
-    Guru menutup pelajaran dengan mengucapkan salam
PPK:
Jujur, bekerja sama, tanggung jawab,mandiri, komunikatif


PPK
Pro aktif, responsiv
15 menit

I. Penilaian
a.       Teknik penilaian
-       Tes tulis
b.      instrument
-       pilihan ganda



Mengetahui,
Kepala SMA Negeri 1 Samalanga



........………………………
          NIP.

Samalanga,....,….............,2019
Peneliti



........………………………
       NPM .



Comments

Popular posts from this blog

MAKALAH PENGETAHUAN DASAR KOMPUTER

PENGETAHUAN DASAR KOMPUTER DISUSUN OLEH:               NAMA              :                NPM                  :                MK                    : APLIKASI KOMPUTER               DOSEN             :                                       , M.Kom            ...

LAPORAN OBSERVASI DAN WAWANCARA TK AL- REZA

LAPORAN OBSERVASI DAN WAWANCARA TK AL- REZA DISUSUN OLEH: NAMA              :          NPM                 :          DOSEN             :           PRODI              :         PG-PAUD FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS ALMUSLIM BIREUEN 2019 KATA PENGANTAR Assalamu’alaikum warohmatullahi wabaraokatuh Puji syukur saya panjatkan kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat-Nya sehingga dapat melaksanakan observasi dan menulis laporan hasil observasi tepat pada waktunya. Dan ucapan terimakasi...

STUDI KASUS MISKOMUNIKASI ANTARA PIMPINAN DAN KARYAWAN PT CAHAYA MITRA UTAMA

STUDI KASUS MISKOMUNIKASI ANTARA PIMPINAN DAN KARYAWAN PT CAHAYA MITRA UTAMA DISUSUN OLEH : NAMA            :  NPM                :  MK                  : KEPEMIMPINAN PRODI            : ADMINISTRASI BISNIS FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS ALMUSLIM BIREUEN 2019 Studi Kasus : Miskomunikasi antara pimpinan dan karyawan PT Cahaya Mitra Utama Miskomunikasi adalah salah satu akibat dari proses komunikasi yang tidak bisa diterima baik oleh kedua pihak, yang menyebabkan tujuan atau misi dari komunikasi tersebut tidak tercapai. Miskomunikasi biasa terjadi pada komunikasi antara kedua pihak. Miskomunikasi biasanya dikarenakan salah satu pihak tidak mengerti de...