RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SIKLUS 1
Nama Sekolah
|
:
|
SMA
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Geografi
|
Kelas / Semester
|
:
|
XI / Genap
|
Alokasi Waktu
|
:
|
3X 45 menit (1x Pertemuan)
|
Materi Pokok/ Sub
Materi
|
:
|
Jenis-jenis dan Proses pembentukan barang tambang
|
A.
Kompetensi Inti
1. Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
2. Menununjukkan perilaku jujur, disiplin, bertanggung
jawab, peduli (toleran, damai,
gotong royong), percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial, dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cermin bangsa dalam
pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Menalar,
mengolah, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan yang telah dipelajari
disekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
3.2 Menganalisis
sebaran barang tambang di Indonesia berdasarkan nilai strategisnya
|
3.2.1 Mengidentifikasi
jenis-jenis barang tambang
3.2.2 Mendeskripsikan proses pembentukan barang tambang
|
4.2 Mengkomunikasikan sebaran barang tambang di Indonesia
berdasarkan nilai strategisnya dalam bentuk artikel ilmiah, makalah atau
bahan publikasi lainnya.
|
4.2.1 Mengkomunikasikan sebaran barang
tambang di Indonesia melalui presentasi..
|
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran di harapkan siswa
dapat:
1. Melalui proses
mencari informasi, menanya, dan berdiskusi peserta didik dapat
menunjukkan perilaku peduli dalam mempelajari jenis-jenis barang tambang dan proses pembentukannya.
2. Melalui proses mencoba, mengasosiasi, dan
mengomunikasikan peserta didik dapat
mendeskripsikan jenis-jenis barang tambang dan proses
pembentukannya.
D. Materi Pembelajaran
1.
Materi pembelajaran regular
Jenis-jenis barang tambang dan proses pembentukannya
E. Metode Pembelajaran
1. Model : Discovery
learning
2. metode : Ceramah, Diskusi dan eksperimen
F. Media pembelajaran
Media :
· Video
· Powerpoint
· Lembar penilaian
Alat/Bahan :
·
Penggaris,
spidol, papan tulis
·
Laptop/infocus
G. Sumber Belajar
· Wardiyatmoko K. 2006. Geografi SMA Jilid 1
Untuk Kelas X. Jakarta: Erlangga.
· Perpustaan sekolah
· Multimedia
interaktif dan Internet
H. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan
Pertama
Kegiatan
|
Langkah Discovery Learning
|
Deskripsi
|
Hal yang di Integrasikan
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
|
Fase 1
Stimulation (pemberian
rangsangan)
|
-
Guru dan siswa memulai pembelajaran dengan mengucapkan salam dan bedoa.
-
Guru memeriksa kehadiran
siswa.
Motivasi dan Apersepsi
-
Guru memperlihatkan contoh barang tambang (misal emas)
-
Guru bertanya kepada peserta didik mengenai barang tambang yang telah mereka ketahui
-
Guru menyajikan informasi melalui power point dan menjelaskan beberapa
konsep penting tentang jenis-jenis
barang tambang dan proses pembuatan barang tambang seperti yang terdapat dalam buku siswa
-
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
|
PPK:
Nilai religi salam, berdoa
PPK:
Responsive
PPK:
komunikatif
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
Fase II
Problem
Statemen (pernyataan/identifikasi masalah)
|
-
Guru menanyakan
kepada siswa apa yang dimaksud dengan barang tambang dan bagaimana proses
pembentukannya?
-
guru memberikan umpan balik
terhadap jawaban siswa.
-
Peserta didik menjawab
pertanyaan dengan jujur sesuai daya nalar masing-masing
|
PPK:
Aktif
PPK:
Jujur, bekerja sama, tanggung jawab, mandiri,
kumunikatif
|
110 menit
|
Fase III
Data
Collection (pengumpulan data)
|
-
Guru meminta siswa membentuk kelompok yang
terdiri dari 5-6 orang perkelompok.
-
Guru membagikan LKPD 01 tentang jenis-jenis
barang tambang dan proses pembuatan barang tambang pada
setiap kelompok
-
Guru meminta siswa untuk dapat memahami
petunjuk kerja terlebih dahulu sebelum mengerjakan kegiatan LKPD 01 tentang jenis-jenis
barang tambang dan proses pembuatan barang tambang.
-
Guru membimbing kelompok dalam
mengerjakan pratikum pada LKPD 01 tentang jenis-jenis
barang tambang dan proses pembuatan barang tambang.
-
Guru mengarahkan siswa dalam pengambilan data,
analisis data dan penarikan kesimpulan.
|
PPK:
Jujur, bekerja sama, tanggung jawab, mandiri,
kumunikatif
|
||
Fase IV
Data
processing (pengolahan Data)
|
- Setelah memperoleh data hasil pengamatan, peserta
didik melakukan pengolahan data pada LKPD 01 tentang Jenis-jenis barang
tambang dan proses pembentukannya
-
Guru memperhatikan dan mendorong siswa untuk terlibat aktif dalam diskusi
kelompok
-
Guru membimbing siswa untuk
mengaitkan materi pada percobaan sehingga siswa dapat menyelesaikan laporan
hasil pengamatan
|
PPK:
Jujur, bekerja sama, tanggung jawab, mandiri,
kumunikatif
|
||
Fase V
Verification
(pembuktian)
|
- Guru
menyuruh masing-masing kelompok untuk mempresentasikan hasil kegiatan LKPD 01 tentang
Jenis-jenis barang tambang dan proses pembentukannya didepan kelas
-
Sedangkan kelompok lain menanggapi
hasil prentasi dari teman sekelas dan guru menanggapi jawaban siswa.
|
PPK:
Aktif, komunikatif
PPK:
Jujur, bekerja sama, tanggung jawab,
|
||
Penutup
|
Fase VI Generalization (menarik kesimpulan)
|
-
Guru bersama siswa menarik kesimpulan berdasarkan hasil pratikum yang
telah dilakukan
-
Guru meminta siswa untuk mencatat hal-hal yang diperlukan
-
Guru menyampaikan sub materi yang akan dipelajari pada pertemuan
selanjutnya
-
Guru menutup pelajaran dengan
mengucapkan salam
|
PPK:
Jujur, bekerja sama, tanggung jawab,mandiri,
komunikatif
PPK
Pro aktif, responsiv
|
15 menit
|
I. Penilaian
a.
Teknik penilaian
-
Tes tulis
b.
instrument
-
pilihan ganda
Mengetahui,
Kepala
SMA Negeri 1 Samalanga
........………………………
NIP.
|
Samalanga,…....,….............,2019
Peneliti
........………………………
NPM .
|
Comments
Post a Comment