LAPORAN OBSERVASI DAN WAWANCARA
TK AL- REZA
DISUSUN
OLEH:
NAMA :
NPM :
DOSEN :
PRODI : PG-PAUD
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS ALMUSLIM
BIREUEN
2019
KATA PENGANTAR
Assalamu’alaikum warohmatullahi
wabaraokatuh
Puji syukur saya panjatkan kepada Allah SWT
yang telah melimpahkan rahmat-Nya sehingga dapat melaksanakan observasi dan
menulis laporan hasil observasi tepat pada waktunya. Dan ucapan
terimakasih kepada ibu Berliantika Putri Aswir, M.Pd. Kons, selaku Dosen Pengampu Mata Kuliah yang sudah memberikan tugas
kepada saya agar dapat mengobservasi secara langsung di lembaga TK.
Laporan ini merupakan hasil observasi saya dari TK AL-REZA.
Tersusunnya laporan ini tidak terlepas dari bantuan
berbagai pihak sehingga pada kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih
kepada yang Semua pihak yang tidak bisa disebutkan satu persatu.
Dalam penyusunan laporan ini saya berusaha
seoptimal mungkin demi sempurnanya laporan, saya menyadari bahwa
laporan ini masih jauh dari kesempurnaan. Untuk itu saya mengharap saran
dan kritik yang membangun untuk menjadi masukan dan sebagai tambahan agar dapat
membuat laporan yang baik lagi.
Atas
perhatiannya saya ucapkan terima kasih. Semoga laporan ini dapat bermanfaat
bagi pihak-pihak yang berkepentingan.
Wassalamualaikum warohmatullhi wabarokatuh.
Matangglumpangdua, 16 Juli 2019
Hormat
saya,
Penyusun.
DAFTAR ISI
KATA
PENGANTAR......................................................................... i
DAFTAR ISI......................................................................................... ii
BAB I
PENDAHULUAN..................................................................... 1
A. Latar Belakang.......................................................................... 1
B. Rumusan Masalah..................................................................... 1
C. Tujuan....................................................................................... 1
BAB II
SASARAN OBSERVASI DAN WAWANCARA............... 2
A. Lokasi dan Waktu Wawancara................................................. 2
B. Biodata Pewawancara............................................................... 2
C. Biodata Narasumber................................................................. 2
BAB
III PEDOMAN OBSERVASI DAN WAWANCARA............ 4
A. Metode Observasi..................................................................... 4
B. Metode Interview (wawancara)................................................ 4
C. Metode dokumentasi................................................................ 5
BAB IV
HASIL OBSERVASI DAN WAWANCARA..................... 5
A. Hasil Observasi dan Wawancara.............................................. 5
B. Analisis Hasil Observasi dan
Wawancara................................. 6
C. Pembahasan............................................................................... 7
BAB III
PENUTUP.............................................................................. 9
A. Kesimpulan............................................................................... 9
B. Saran......................................................................................... 9
DAFTAR PUSTAKA........................................................................... iii
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Setiap orang
tua sangat menginginkan anaknya lebih baik, lebih hebat dan lebih berhasil dari
mereka. Sebaliknya tidak ada orang tua di muka bumi yang menginginkan
anak-anaknya lebih rendah kedudukan sosialnya, gagal hidupnya dan tidak
memiliki masa depan yang cerah. Anak adalah anugerah dari Allah sehingga setiap
orang yang di karuniai seorang anak wajib mengasihi, membimbing, memberikan
pendidikan yang terbaik serta mengupayakan kesejahteraannya sesuai dengan
kemampuan yang orang tua miliki karena anak juga merupakan masa depan keluarga.
Kehadiran TK
yang menjadi bagian dari Sistem Pendidikan Nasional Indonesia menjadi sangat
urgen bagi pelekatan dasar pendidikan anak seperti yang tertuang dalam UU Nomor
20 Tahun 2003. TK membantu perkembangan dan pertumbuhan jasmani dan rohani agar
anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Anggapan bahwa
pendidikan itu baru dimulai setelah Sekolah Dasar (7 tahun) ternyata tidak
benar, bahkan pendidikan yang dimulai pada usia TK (4-6 tahun) pun sebaliknya
sudah terlambat karena sebenarnya pendidikan itu bisa dimulai sejak anak lahir
bahkan sejak dalam kandungan. TK dilakukan dengan tujuan memberikan konsep yang
bermakna bagi anak melalui pengalaman nyata dan bermakna.
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas
adapun rumusan masalah yang akan dibahas pada observasi ini adalah bagaimanakah
pengelolaan TK AL- REZA?
C. Tujuan
Adapun tujuan yang akan dibahas
pada observasi ini adalah mengetahui pengelolaan TK AL- REZA.
BAB II
SASARAN OBSERVASI DAN WAWANCARA
A. Visi dan Misi TK AL- REZA
Visi
Membimbing generasi Islam yang berakhlakul karimah,
berilmu, dan berkepribadian Indonesia.
Misi
1.
Menanamkan nilai-nilai
religi pada anak
2.
Menguatkan dan
menyeimbangkan antara IMTAK dan IPTEK nya
3.
Memberikan pendidikan
yang kreatif dan inovatif dengan mengembangkan multiple intellegence
Tujuan
1.
Agar anak bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,
berbudi pekerti yang luhur, dan sopan santun.
2.
Agar anak terbiasa hidup sehat di sekolah dan
lingkungannya.
3.
Agar anak terbebas dari 3
buta (buta aksara dan angka, buta bahasa dan buta ilmu
pengetahuan dasar)
4.
Agar anak trampil, kreatif
dan inovatif dalam mengembangkan potensi dirinya
5.
Agar anak memiliki sikap mandiri,
serta bertanggung jawab.
6.
Agar anak memiliki rasa
peduli lingkungan fisik dan sosial serta mencintai tanah airnya.
B. Lokasi dan Waktu Wawancara
Tempat : Ruang kelas di TK AL- REZA bertempat di jalan Letkol A. Djalil
Ibrahim Gampong Geudong Alue, Kecamatan Kota Juang, Bireuen
Hari/Tanggal : Selasa, 16 Juli 2019
Waktu : 10.00-11.05 Wib
Hari/Tanggal : Selasa, 16 Juli 2019
Waktu : Pukul
10.00-11.05 WIB
C. Biodata Pewawancara
Nama :
Ismi Nurul Azizah
Usia : 21 tahun
Alamat :
Desa krueng Juli timu, Kecamatan Kuala, Kabupaten Bireuen
Pekerjaan :
Mahasiswa PG-TK Universitas Almuslim
D. Biodata Narasumber
Nama Lengkap dan Gelar : Ulya Rahmi, S.Pd.
Jenis Kelamin : Perempuan
Status
Kepegawaian : Non-PNS
Pendidikan
: S1
Usia :
34 Tahun
Jabatan :
Pengelola Sekolah
BAB III
PEDOMAN OBSERVASI
DAN WAWANCARA
A. Metode Observasi
Yaitu
pengamatan dan pencatatan secara sistematis terhadap unsur-unsur yang tampak
dalam suatu gejala-gejala pada obyek penelitian. Data yang diperoleh dari
observasi adalah data tentang situasi umum TK AL-REZA untuk mencari data
tentang berbagai manajemen yang ada di dalamnya.
B. Metode Interview (wawancara)
Yaitu alat yang
dipergunakan dalam komunikasi yang berbentuk sejumlah pertanyaan lisan yang
diajukan oleh pengumpul data sebagai pencari informasi (interviewer) yang
dijawab secara lisan pula oleh responden (interviewee).
C. Metode Dokumentasi
Metode
dokumentasi dimaksudkan untuk mengumpulkan data verbal yang berbentuk tulisan
maupun foto dan sebagainya untuk mendapatkan data yang diperlukan.
BAB IV
HASIL OBSERVASI DAN
WAWANCARA
A. Hasil Wawancara
Di dalam setiap pendidikan terdapat
pengelolaan kelas dan setiap satuan pendidikan memiliki model model manajemen
kelas tersendiri di TK AL-REZA ini terdapat 5 sentra, yaitu: kelompok Bermain
(KB), Sentra Persiapan dan Bahasa Inggris, sentra Seni dan balok, sentra
agama dan bahasa arab, dan sentra sains dan berhitung.
Kurikulum dan program pembelajaran
merupakan seluruh kegiatan yang dilakukan siswa baik di dalam maupun di
luar sekolah asal kegiatan tersebut berada di bawah tanggung jawab guru (sekolah).
Kurikulum sebagai suatu rencana adalah seperangkat rencana dan pengaturan
mengenai isi dan bahan pelajaran serta bahan pelajaran serta cara yang
digunakan sebagai pedoman penyelenggara kegiatan belajar mengajar.
Di dalam kurikulum TK ini mengacu
pada Permendiknas No. 58 Tahun 2009 sehingga muatan kurikulumnya adalah
sebagai berikut:
1)
Bidang Pengembangan
Bidang pengembangan terdiri dari:
a. Bidang
pengembangan pembiasaan
Bidang
pengembangan pembiasaan merupakan kegiatan yang dilakukan secara terus menerus
dan ada dalam kehidupan sehari-hari anak sehingga menjadi kebiasaan yang baik.
(a)
Aspek
perkembangan moral dan nilai-nilai agama , bertujuan untuk meningkatkan
ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan membina sikap anak dalam
rangka meletakkan dasar agar anak menjadi warga negara yang baik.
(b)
Aspek
Perkembangan sosial dan kemandirian, dimaksudkan untuk membina anak agar
dapat mengendalikan emosinya secara wajar dan dapat berinteraksi
dengan sesamanya maupun dengan orang dewasa dengan baik serta ddapat menolong
dirinya sendiri dalam rangka kecakapan hidup
b. Bidang
Pengembangan Kemampuan dasar
Bidang
Pengembangan Kemampuan dasar merupakan kegiatan yang dipersiapkan oleh guru
untuk meningkatkan kemampuan dan kreativitas sesuai dengan tahap perkembangan
anak. Bidang ini meliputi:
(a)
Berbahasa
Bidang ini
bertujuan agar anak mampu mengungkapkan pikiran melalui bahasa yang
sederhana secara tepat, mampu berkomunikasi secara efektif dan membangkitkan
minat untuk dapat berbahasa Indonesia.
(b)
Kognitif
Pengembangan
ini bertujuan mengembangkan kemampuan berpikir anak untuk dapat mengolah
perolehan belajarnya, dapat menemukan bermacasm-maqcam alternatif pemecahan
masalah, membantu anak untuk mengembangkan kemampuan logika matematiknya dan
pengetahuan akan ruang dan waktu, serta mempunyai kemampuan untuk
memilah-milah, mengelompokkan sertta mempersiapkan pengembangan kemampuan
berfikir teliti.
(c)
Fisik/Motorik
Pengembangan
ini bertujuan untuk memperkenalkan dan melatih gerakan motorik kasar dan
motorik halus, meningkatkan kemampuan mengelola, mengontrol gerakan tubuh dan
koordinasi, serta meningkatkan ketrampilan tubuh dan cara hidup sehat sehingga
dapat menunjang pertumbuhan jasmani yang kuat, sehat, dan terampil.
2)
Muatan Lokal
a.
Membaca
Tujuan :
Menyiapkan anak secara bertahap untuk bisa membaca sebagai modal untuk
melanjutkan pembelajaran di SD/MI.
b.
Jarimatika
Tujuan :
Mengenalkan pada anak bahwa berhitung itu mudah dan menyenangkan.
c.
BTA
Tujuan:
Mengenalkan pada anak huruf hijaiyah agar anak bisa membaca AlQur’an.
3)
Pengembangan diri
a. Menggambar
dan mewarnai
Tujuan: Mengembangkan inspirasi dan
imajinasi anak melalui seni lukis.
b. Menari
Tujuan :
Mengenalkan anak seni tari, baik tari tradisional maupun modern.
c. Ibadah
Shalat
Tujuan: Melatih anak tentang gerakan dan bacaan
shalat yang benar, sehingga diharapkan nantinya anak bisa menerapkan dan
melaksanakan shalat fardhu maupun sunnah dengan tepat.
B. Analisis Hasil
Observasi dan Wawancara
Kurikulum TK AL-REZA adalah kurikulum operasional
yang disusun dan dilaksanakan oleh tiap-tiap TK/PAUD formal.
Kurikulum pada Jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) mengacu pada
Permendiknas No.58 Tahun 2009 dan berpedoman pada panduan
penyusunan kurikulum K-13 dari Badan Standar Nasional Pendidikan. Untuk
manajemen peserta didik terdapat peraturan tata tertib yang harus
dipatuhi oleh peserta didik, jumlah tenaga pendidik. Setiap guru atau kepala
sekolah harus lulusan S1 dan untuk sekolah swasta umur tidak ada patokan dalam
pengangkatan kepala sekolah.
Manajemen peserta didik dapat diartikan sebagai usaha
pengaturan terhadap peserta didik mulai dari peserta didik tersebut masuk
sekolah sampai dengan mereka lulus sekolah.
TK AL-REZA ini terdapat tata tertib yang harus dipatuhi
oleh setiap peserta didik, sebagai berikut:
1.
Peserta didik/murid
masuk pukul 07.15 WIB
2.
10 menit sebelum masuk
murid harus sudah hadir di sekolah
3.
Sebelum pelajaran di
mulai diawali dengan do’a dan sesudah belajar ditutup dengan do’a
4.
Bila murid tidak hadir/tidak
masuk sekolah wali murid harus memberitahukan/memberi kabar.
5.
Murid harus berpakaian
rapi dan bersih dengan seragam sekolah yang telah ditentukan
6.
Membuang sampah harus
pada tempatnya
7.
Sewaktu mau makan,
harus mencuci tangan dan berdo’a terlebih dahulu.
8.
Membuang air besar dan
kecil pada tempat yang telah ditentukan.
9.
Murid dilarang :
membawa uang jajan, memakai perhiasan, mencoret-coret tembok dan bangku
sekolah, membawa mainan yang dapat mengganggu jalannya pelajaran, keluar dari
gerbang sekolah sewaktu pelajaran.
10. Peserta didik putra
wajib memakai peci dan peserta didik putri wajib berkerudung.
11. Hal yang belum diatur
akan diatur lebih lanjut.
BAB V
PENUTUP
A. Kesimpulan
Dari observasi ini, dapat di simpulkan beberapa hal
yaitu:
1.
TK AL- REZA mempunyai
bangunan yang cukup luas sebagai arena bermain dan berkreasi anak-anak.
2.
Lingkungan kelas di TK AL-
REZA juga disiapkan sedemikian rupa sehingga dapat mendukung pencapaian dalam
belajar mengajar.
3.
Penerapan kurikulum
yang masih menggunakan kurikulum 2013.
4.
Kurikulum TK
AL-REZA adalah kurikulum operasional yang disusun dan dilaksanakan
oleh tiap-tiap TK/PAUD formal. Kurikulum pada Jenjang Pendidikan
Anak Usia Dini (PAUD) mengacu pada Permendiknas No.58 Tahun 2009
dan berpedoman pada panduan penyusunan kurikulum K-13 dari Badan
Standar Nasional Pendidikan.
5.
Manajemen peserta didik
dapat diartikan sebagai usaha pengaturan terhadap peserta didik mulai dari
peserta didik tersebut masuk sekolah sampai dengan mereka lulus sekolah.
B. Saran
1.
Mengenai sarana dan prasarana perlu
di adakan pengadaan ruang baru ataupun
perluasan ruang karena terlalu sempit
sehingga kurang efektif di dalam proses belajar mengajar
2.
Tetap perlu meningkatkan
profesionalisme pendidik maupun tenaga kependidikan guna untuk mencapai tujuan
institusi dan meningkat produktivitas serta menghasilkan output peserta
didik yang bermutu.
3.
Perlu adanya hubungan yang lebih
harmonis dengan masyarakat agar masyarakat dapat ikut berpartisipasi dalam
bentuk finansial maupun non-finansial.
4.
Melakukan pendekatan kepada instansi
atau dinas yang kompeten untuk melancarkan program pendidikan yang
diselenggarakan
FOTO-FOTO OBSERVASI
|
Comments
Post a Comment