PENGETAHUAN DASAR KOMPUTER
DISUSUN
OLEH:
NAMA :
NPM :
MK :
APLIKASI KOMPUTER
DOSEN : , M.Kom
PRODI : AGRIBISNIS
FAKULTAS PERTANIAN
UNIVERSITAS ALMUSLIM
BIREUEN
2019
KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis panjatkan
kehadirat Allah SWT karena berkat rahmat dan hidayah-Nya penulis telah mampu
menyelesaikan makalah berjudul “Pengetahuan Dasar Komputer”. Makalah ini
disusun untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah.
Komputer adalah alat yang digunakan
untuk membantu pekerjaan manusia, misalnya mulai dari mengerjakan pekerjaan
kampus, sekolah, kantor, multimedia, bahkan hiburan. Dengan demikian, jelas
bahwa untuk bekerja, komputer memerlukan instruksi dari pengguna yang kemudian
disebut sebagai brainware. Manusia melakukan interaksi dengan komputer dengan
menggunakan setiap fitur yang ada untuk menghasilkan suatu pekerjaan.
Penulis menyadari bahwa selama
penulisan makalah ini banyak kekurangan. Oleh sebab itu, penulis mengucapkan
terimakasih kepada dosen mata kuliah yang telah membimbing penulis menyusun
makalah ini.
Makalah ini bukanlah karya yang
sempurna karena masih memiliki banyak kekurangan, baik dalam hal isi maupun
sistematika dan teknik penulisannya. Oleh sebab itu, penulis sangat
mengharapkan saran dan kritik yang membangun demi kesempurnaan makalah ini.
Semoga makalah ini bisa memberikan manfaat bagi kita.
Matangglumpangdua, 14 September 2019
Penyusun
DAFTAR ISI
KATA
PENGANTAR................................................................................... i
DAFTAR ISI................................................................................................. ii
BAB I
PENDAHULUAN............................................................................ 1
A. Latar Belakang................................................................................. 1
B. Rumusan Masalah............................................................................ 1
C. Tujuan.............................................................................................. 2
BAB II PEMBAHASAN.............................................................................. 3
A. Definisi
Komputer dan Sistem Komputer..................................... 3
B. Pengolahan
Sitem Komputer......................................................... 4
C. Komponen
Komputer.................................................................... 7
D. Struktur
Komputer........................................................................ 8
E. Sistem Pengkodean Karakter......................................................... 9
BAB III PENUTUP...................................................................................... 10
A. Kesimpulan...................................................................................... 10
B. Saran................................................................................................ 10
DAFTAR
PUSTAKA.................................................................................... iii
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Kehidupan manusia tidak lepas dari
dunia teknologi. Karena pada dasarnya teknologi merupakan alat yang paling
dibutuhkan untuk memudahkan pekerjaan manusia. Seiring perkembangan zaman,
teknologi semakin maju dan canggih. Salah satunya dengan adanya komputer. Siapa
yang tidak mengenal komputer? Piranti cerdas yang multi fungsi ini tidak lepas
dari kehidupan sehari-hari kita. Oleh karena perannya yang sangat membantu
pekerjaan manusia, hingga para ahli mengembangkan teknologi berbasis sistem
operasi ini dari mulai segi software, hardware, hingga segi pendukung yang lain.
Sejalan dengan jaman, berbagai perkembangan teiah terjadi pada komputer, mulai
dari packaging yang sekarang sudah portable hingga kinerjanya yang semakin hari
semakin cepat. Dewasa ini perkembangan komputer semakin berkembang dan masih
akan terus berkembang tanpa batas. Kita sebagai manusia mau tidak mau harus
mengikuti perkembangan kemajuan teknologi khususnya bidang komputerisasi agar
kita tidak termakan oleh alat yang kita buat sendiri.
Komputer adalah serangkaian
perangkat mekanik dan elektronik yang tersusun dari berjuta-juta komponen kecil
yang diintegrasikan untuk saling bekerja sama membentuk suatu sistem kerja yang
terkontrol. Melalui sistem kerja inilah komputer bisa digunakan untuk menyelesaikan
berbagai pekerjaan dan tugas sistem kerja yang rapi dan teliti. Sistem ini
kemudian dapat digunakan untuk melaksanakan serangkaian pekerjaan secara
otomatis, berdasar urutan instruksi ataupun program yang diberikan kepadanya.
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas
adapun rumusan masalah yang akan dibahas pada makalah ini adalah:
1.
Apa itu Definisi Komputer
dan Sistem Komputer?
2.
Apa saja yang termasuk
dalam sistem komputer ?
3.
Apa saja yang termasuk
dalam klasifikasi komputer ?
4.
Apa saja yang ada dalam
program aplikasi komputer ?
5.
Bagaimana Sistem Pengkodean
Karakter?
C. Tujuan
Sejalan dengan rumusan masalah di
atas, makalah ini disusun dengan tujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan :
1.
Definisi Komputer dan
Sistem Komputer;
2.
Pengolahan Sitem Komputer;
3.
Komponen Komputer
4.
Struktur Komputer
5.
Sistem Pengkodean Karakter;
BAB II
PEMBAHASAN
A. Definisi Komputer dan Sistem Komputer
Istilah
komputer (computer) diambil dari bahasa latin yaitu computare
yang berarti menghitung (to compute atau reckon). Kemudian
diadaptasi pengucapannya menjadi computer atau dalam istilah
Indonesianya komputer. Selanjutnya definisi komputer terus mengalami
perkembangan sesuai dengan kemajuan teknologi dan fungsi komputer itu sendiri.
Komputer adalah suatu peralatan elektronik yang dapat menerima input, mengolah
input, memberikan informasi, menggunakan suatu program yang tersimpan di memori
komputer, dapat menyimpan program dan hasil pengolahan, serta bekerja secara
otomatis.
Sedangkan
definisi komputer menurut para ahli adalah:
1. Blissmer (1985) : komputer adalah suatu alat
elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses
input sesuai dengan instruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan
hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi.
2. Sanders (1985), komputer adalah sistem elektronik
untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan
diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input,
memprosesnya, dan menghasilkan output berdasarkan instruksi-instruksi yang
telah tersimpan di dalam memori.
3. Hamacher, komputer adalah mesin penghitung elektronik
yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya
sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan
output berupa informasi.
Sistem komputer
adalah suatu jaringan elektronik yang terdiri dari perangkat lunak dan
perangkat keras yang melakukan tugas tertentu (menerima input, memproses input,
menyimpan perintah-perintah, dan menyediakan output dalam bentuk informasi).
Selain itu dapat pula diartikan sebagai elemen-elemen yang terkait untuk
menjalankan suatu aktivitas dengan menggunakan komputer.
B. Pengolahan
Sitem Komputer
Untuk mewujudkan konsepsi komputer
sebagai pengolah data guna menghasilkan suatu informasi, maka diperlukan sistem
komputer (computer system) yang elemennya terdiri dari hardware,
software dan brainware. Ketiga elemen sistem komputer tersebut harus saling
berhubungan dan membentuk kesatuan. Hardware tidak akan berfungsi apabila tanpa
software, demikian juga sebaliknya. Dan keduanya tiada bermanfaat apabila tidak
ada manusia (brainware) yang mengoperasikan dan mengendalikannya.
1.
Hardware (Perangkat
Keras), merupakan rangkaian elektronika. Perangkat keras komputer secara garis
besar terdiri atas tiga komponen utama (CPU/ processor, memory, dan
input-output device).
a.
Processor merupakan
bagian dari perangkat keras komputer yang melakukan pemprosesan aritmatika dan
logika serta pengendalian operasi komputer secara keseluruhan. Prosesor terdiri
atas dua bagian utama, yaitu ALU (Arithmetic Logic Unit) dan Control Unit.
Kecepatan kerja prosesor biasanya ditentukan oleh kecepatan clock dari Control
Unit-nya.
b.
Memory berdasarkan
fungsinya dibagi menjadi dua yaitu: memori primer dan memori sekunder.
a)
Primary Memory, dipergunakan
untuk menyimpan data dan instruksi dari program yang sedang dijalankan. Biasa
juga disebut sebagai RAM.
b)
Secondary Memory, dipergunakan
untuk menyimpan data atau program biner secara permanen.
c.
Input-Output Device, merupakan
bagian yang berfungsi sebagai penghubung antara komputer dengan lingkungan di
luarnya. Dapat dibagi menjadi dua kelompok, yaitu:
a)
Input Device (Piranti
Masukan), berfungsi sebagai media komputer untuk menerima masukan dari luar.
Beberapa contoh piranti masukan: keyboard, mouse, touch screen, scanner,
camera, modem, network card, dll.
b)
Output Device (Piranti
Keluaran), berfungsi sebagai media komputer untuk memberikan keluaran. Beberapa
contoh piranti keluaran: monitor, printer, speaker, plotter, modem, network
card, dll.
2.
Software (Perangkat
Lunak), merupakan program yang dijalankan pada komputer. Perangkat lunak dapat
diklasifikasikan sebagai berikut:
1)
Sistem Operasi, merupakan perangkat
lunak yang mengoperasikan komputer serta menyediakan antarmuka dengan perangkat
lunak lain atau dengan pengguna. Contoh sistem operasi : MS DOS, MS Windows
(dengan berbagai generasi), Macintosh, OS/2, UNIX (dengan berbagai versi),
LINUX (dengan berbagai distribusi), NetWare, dll.
2)
Program Utilitas, merupakan program
khusus yang berfungsi sebagai perangkat pemeliharaan komputer, seperti anti
virus, partisi hardisk, manajemen hardisk, dll. Contoh produk program utilitas
: Norton Utilities, PartitionMagic, McAfee, dll.
3)
Program Aplikasi, merupakan program
yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan yang spesifik. Contoh : aplikasi
akuntansi, aplikasi perbankan, aplikasi manufaktur, dll
4)
Program Paket, merupakan program
yang dikembangkan untuk kebutuhan umum, seperti :
a)
Pengolah kata /editor naskah :
Wordstar, MS Word, Word Perfect, AmiPro, dll
b)
Pengolah angka / lembar kerja :
Lotus123, MS Excell, QuattroPro, dll
c)
Presentasi : MS PowerPoint, dll d)
Desain grafis : CorelDraw, PhotoShop, dll
5)
Bahasa Pemprograman, merupakan
perangkat lunak untuk pembuatan atau pengembangan perangkat lunak lain. Bahasa
pemprograman dapat diklasifikasikan menjadi tingkat rendah, tingkat sedang, dan
tingkat tinggi. Pergeseran dari tingkat rendah ke tinggi menunjukkan kedekatan dengan
„bahasa manusia‟. Bahasa tingkat rendah (atau biasa disebut bahasa assembly)
merupakan bahasa dengan pemetaan satu persatu terhadap instruksi komputer.
3.
Brainware (SDM), manusia yang
mengoperasikan dan mengendalikan sistem komputer. Terdapat berbagai peran yang
dapat dilakukan manusia dalam bagian sistem komputer. Beberapa peran di
antaranya adalah :
1)
Analis Sistem, berperan melakukan
analisis terhadap permasalahan yang dihadapi, serta merancang solusi
pemecahannya dalam bentuk program komputer.
2)
Programmer, berperan menerjemahkan
rancangan yang dibuat analis kedalam bahasa pemprograman sehingga solusi dapat
dijalankan oleh komputer.
3)
Operator, bertugas menjalankan komputer
berdasarkan instruksi yang diberikan
4)
Teknisi, bertugas merakit atau
memelihara perangkat keran komputer.
Data pada komputer diolah dan
disimpan dalam bentuk digital atau bilangan binner. Digital hanya
mengenal 2 nilai saja, yaitu 0 (salah) dan 1 (benar). Setiap 0 atau 1, disebut
dengan istilah bit (binary digit). Bilangan yang terdiri atas 8 nilai
(misalnya 10001001) disebut dengan byte (8 bit).
Dalam dunia digital, ada dua jenis
basis satuan : definisi basis dua dan basis 10. Pada basis 10, satu kilo
berarti 1000 sedangkan pada basis 2 berarti 2 (pangkat )10=1024.
- Definisi basis 2 : gigabytes (GB) = 1024 megabytes (MB)
= 1,048,576 Kilobytes (KB) =1,073,741,824 bytes
- Definisi basis 10 :
1 GB = 1.000 MB = 1.000.000 KB =
1.000.000.000 bit
Definisi basis 2 banyak digunakan
oleh industri software, sedangkan definisi basis 10 banyak digunakan oleh
industri hardware komputer. Misalnya anda membeli HD 6,4 GB. Kapasitas harddisk
tersebut hanya bisa menyimpan data sebesar 6 GB.
Pada saat data diproses, nilai digit
dapat diketahui oleh komputer dari tegangan listriknya. Tegangan rendah
bernilai 0 (off) sedangkan tegangan lebih tinggi bernilai 1 (on).
Semakin besar ukuran data, semakin lama juga waktu yang diperlukan untuk
mengolah dan mengirimkannya antar komputer (dalam jaringan).
Data digital ternyata sangat andal
dan efisien dalam pengolahan data. Tak heran jika banyak informasi yang saat ini
diubah dari format analog (banyak nilai) menjadi digital (2 nilai), misalnya
video (VCD, DVD) dan suara (CD audio). Sebelum bisa diolah, data analog
terlebih dahulu harus dikodekan ke dalam bentuk data digital (digitize).
D. Komponen Komputer
Komputer terdiri atas
banyak bagian yang masing-masing mempunyai fungsinya sendiri. Kebanyakan orang
memisahkan komponen komputer menjadi dua bagian :
- Komponen dalam komputer itu sendiri (pemroses),
contoh : CPU, RAM Motherboard (chip ROM, chipsets, ports, buses dan slot
ekspansi) Drives: Harddisk, floppy drive, CD drive, DVD drive Kartu
ekspansi ( expansion cards) : Graphics cards, Network card, SCSI
controller. Sound card, TV tuner card, Modem internal, dlll
- Komponenyang tidak terhubung langsung
dengan pemrosesan atau dikenal dengan perangkat tambahan ( peripheral ).
contoh : Keybord dan mouse, joystick, monitor, printer, scanner, speaker,drives
eksternal, modem eksternal, UPS, voltage ragulator, dll
Model komputer Neumann
Komponen koputer yang
dipakai saat ini diturunkan dari model komputer yang dibuat oleh matematikawan
asal Hongaria, yaitu John von Neumann (1903 - 1957). Neumann berusaha membuat
model komputer yang bisa bekerja seefisien mungkin. Beliau membagi model
hardware komputer menjadi lima bagian besar : Pemroses (CPU), masukan (input),
Keluaran (output) memori untuk kerja, dan memori untuk penyimpanan. model
komputer Neumann ternyata masih digunakan bahkan hingga saat ini.
E. Struktur Komputer
Struktur komputer
didefinisikan sebagai cara-cara dari tiap-tiap komponen yang menyusun komputer
saling berkaitan. Komponen-komponen komputer disusun sesuai dengan alur-alur
bus yang mengalirkan data, alamat dan mengendalikan antar komponen tersebut.
Struktur komputer terdiri atas.
Peranti masukan (input
device) berfungsi sebagai media komputer untuk menerima masukan atau
perintah dari luar. Contoh keyboard, mouse, touch screen, scanner dan lain-lain
a.
Peranti keluaran (output
device) berfungsi sebagai media komputer untuk memberikan atau menampilkan
keluaran dari hasil pengolahan data. Contoh, monitor, printer speaker dan
lain-lain
b.
Input / Outpurt Port
berfungsi sebagai media penghubung untuk menerima dan mengirim data
c.
Central processing unit
(CPU) merupakan unit pengolah data, sering disebut dengan “otak” komputer atau
prosesor (processor).
d.
Memori (memory)
berfungsi untuk menyimpan data dan program
e.
Data Bus, merupakan
jalur bus perpindahan antar modul dalam sistem komputer, jalur bus biasanya
terdiri atas 8,16,32 atau 64 saluran parallel.
f.
Bus alamat (address
bus) digunakan untuk menandakan lokasi sumber ataupun tujuan pada proses
transfer data. CPU akan mengirimkan alamat memori yang akan dibaca atau
ditulis. Biasanya bus alamat terdiri dari 16,20,24 atau 32 saluran parallel.
g.
Bus kendali (control
bus) digunakan untuk mengontrol penggunaan serta akses ke data bus dan
address bus. Biasanya terdiri atas 4 sampai 10 saluran parallel.
Satuan data dalam
sistem komputer penting untuk ketahui. Harddisk, Flasdisk yang kita gunakan
mempunyai kapasitas yang dinyatakan dalam byte, misalnya 120 Giga byte. Satuan
data terkecil dalam sistem komputer adalah bit (binary digit)/angka
biner. Di atas satuan bit terdapat byte, kilobyte, megabyte, gigabyte, terabyte
dan petabyte. Kita juga peranah mendengar istilah kilobit, megabit. Istilah ini
biasanya dikaitkan dengan kecepatan transfer data, misalnya 100 mbps (megabit
per second). Baiklah, kali ini saya akan menunjukkan satuan-satuan data
dalam sistem komputer.
F. Sistem Pengkodean
Karakter
1.
Kode Standar Amerika
untuk Pertukaran Informasi atau ASCII (American Standard Code for
Information Interchange) merupakan suatu standar internasional dalam kode
huruf dan simbol seperti Hex dan Unicode tetapi ASCII lebih bersifat universal,
contohnya 124 adalah untuk karakter "|". Ia selalu digunakan oleh
komputer dan alat komunikasi lain untuk menunjukkan teks. Kode ASCII sebenarnya
memiliki komposisi bilangan biner sebanyak 7 bit. Namun, ASCII disimpan sebagai
sandi 8 bit dengan menambakan satu angka 0 sebagai bit significant paling
tinggi. Bit tambahan ini sering digunakan untuk uji prioritas. Karakter control
pada ASCII dibedakan menjadi 5 kelompok sesuai dengan penggunaan yaitu
berturut-turut meliputi logical communication, Device control, Information
separator, Code extention, dan physical communication. Code ASCII ini
banyak dijumpai pada papan ketik (keyboard) komputer atau
instrument-instrument digital.
2.
EBCDIC (Extended
Binary Coded Decimal Interchange Code) menggunakan 8-bit guna menyajikan
data yang ada. Dengan adanya 8-bit ini, tentu saja jumlah data yang disajikan
menjadi lebih besar, yaitu sebanyak 28 atau 256 kombinasi. 4
karakter yang berada disebelah kiri disebut sebagai zone-bits, dan 4 karakter
sisanya disebut sebagai numerik bits. Kode-kode ini banyak digunakan oleh
komputer IBM ataupun peralatan yang menggunakan standart IBM.
3.
Unicode merupakan standar
yang lebih baru. Pada standar ini sebuah karakter dinyatakan dengan 16 bit.
Hasilnya standar ini dapat mencakup 65.536 karakter. Dengan cara seperti ini
berbagai simbol dalam bahasa seperti Bahasa Arab dan Cina bisa ditampung.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Sistem Komputer
adalah elemen-elemen yang terkait untuk menjalankan suatu aktifitas dengan
menggunakan komputer. Elemen dari sistem computer terdiri dari manusianya (brainware),
perangkat lunak (software), set instruksi (instruction set), dan perangkat
keras (hardware). Komponen–komponen dalam sistem komputer terbagi 3,
yang tidak bias terpisahkan yaitu hardware, software, dan brainware.
Adanya beberapa
hardware ini dapat menyebabkan masalah sinkronisasi. Karena itu dalam operasi
sistem komputer untuk mencegahnya sebuah memory controller ditambahkan
untuk sinkronisasi akses memori. Untuk meningkatkan performa, digunakan
beberapa buah bus . Tiap bus merupakan jalur data antara beberapa device yang
berbeda. Jika komputer dinyalakan Bootstrap program utama akan memeriksa
hardware-hardware utama. Pada komputer modern biasanya ditandai dengan
munculnya interrupt dari software atau hardware, sehingga Sistem Operasi ini
disebut Interrupt-driven.
B. Saran
Pada dasarnya komputer adalah alat teknologi yang sangat
canggih. Bisa digunakan untuk memudahkan pekerjaan manusia. Tetapi, disamping
itu terdapat banyak sisi positif dan negatifnya. Misalnya penggunaan internet
secara bebas tanpa selektif. Banyak para pengguna yang tidak bertanggung jawab
menggunakan situs untuk hal-hal yang melanggar norma seperti pornografi,
pelacuran, transaksi narkoba dan sebagainya.
Saran saya adalah kita harus memanfaatkan
teknologi komputer dengan sebaik-baiknya secara selektif yang terdapat
sisi positifnya sehingga dapat membantu dan menambah ilmu pengetahuan bagi kita
semua.
DAFTAR PUSTAKA
Buku “Pengenalan komputer” Tulisan Jogiyanto
Hartono, MBA, Ph.D, Dosen Tetap UGM, Penerbit ANDI. Yogyakarta (1999)
Ilmu Komputer Plus, 2010. Pengetahuan Dasar Ilmu
Komputer [Online] Tersedia: http://ilmukomputerplus.com/2010/03/pengetahuan-dasar-ilmu-komputer.html
Oishigita, 2013. Konsep Dasar Komputer
[Online] Tersedia: http://oshigita.wordpress.com/2013/06/12/konsep-dasar-komputer/
Sambas, 2014. Mengenal Konsep Dasar Komputer
[Online] Tersedia: http://www.bloggersambas.com/2014/01/mengenal-konsep-dasar-komputer.html
"Special smart home promo—buy a smart home package now and enjoy free installation and smart device bonuses." Come visit our website here https://waktogel303.blogspot.com/
ReplyDelete