RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SD Negeri 4 Peusangan
Kelas/ Semester : IV/1 (Satu)
Tema/ Subtema/ PB :
Berbagai Pekerjaan/Jenis-Jenis Pekerjaan/4
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan (5 x 35 Menit)
A. Kompetensi Inti (KI)
1.
Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta
tanah air.
3.
Memahami
pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat
bermain.
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis,
dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak
mulia.
B. Kompetensi Dasar dan
Indikator
Bahasa Indonesia
3.4 Menggali informasi dari teks cerita
petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam dengan bantuan guru dan
teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah
kosakata baku
4.4 Menyajikan teks cerita petualangan tentang
lingkungan dan sumber daya alam secara mandiri dalam teks bahasa Indonesia
lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
·
Menemukan informasi tentang sumber daya alam (bamboo, kayu, dan logam)
IPS
3.1 Mengenal manusia, aspek keruangan, konektivitas
antarruang, perubahan dan keberlanjutan dalam waktu, sosial,
ekonomi, dan pendidikan
4.1 Menceritakan tentang hasil bacaan mengenai
definisi ruang, konektivitas antarruang, perubahan, dan
keberlanjutan dalam waktu, sosial, ekonomi, dan pendidikan dalam lingkup
masyarakat di sekitarnya
·
Menjelaskan berbagai sumber daya alam dan hubungannya dengan jenis-jenis
pekerjaan
·
Membedakan sumber daya alam dapat diperbaharui dan tak dapat
diperbaharui
IPA
3.7 Mendeskripsikan hubungan antara sumber daya alam
dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat
4.7 Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang
teknologi yang digunakan di kehidupan seharihari dan kemudahan yang diperoleh
oleh masyarakat dengan memanfaatkan teknologi tersebut
·
Menjelasakan hubungan antara SDA dengan kondisi lingkungan tempat hidup
masyarakat
C.
Materi Pembelajaran
1.
Menjelaskan hubungan antara pekerjaan dan barang yang dihasilkan
2. Menjawab pertanyaan teks bacaan
3.
Menggambar alam
D. Metode Pembelajaran
1.
Metode : diskusi, tanya jawab, diskusi kelompok.
2.
Pendekatan :
saintifik [mengamati, menanya, mencoba, menalar dan mengkomunikasikan]
E. Media, Alat dan
Sumber Pembelajaran
1.
Media : pemandangan di sekitar sekolah digunakan sebagai objek
menggambar pemandangan alam
2.
Alat : kertas tambahan bila siswa ingin
menggambar lebih dari 1 objek, pensil, pensil warna, crayon, atau cat air
3.
Sumber belajar : Kemdikbud RI. 2014. “Berbagai
Pekerjaan”:Jakarta. Pusat Balitbang Kemdikbud
F. Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Siswa berdoa bersama
2.
Guru memberikan
motivasi
3.
Guru menyampaikan
tema dan subtema yang akan dipelajari.
|
10 Menit
|
Kegiatan Inti
|
1.
Siswa mengamati gambar yang ada di buku. Minta siswa
untuk menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan gambar.
2.
Siswa berdiskusi dengan teman untuk membedakan jenis
profesi yang menghasilkan benda dan jenis profesi yang tidak menghasilkan
benda (menghasilkan jasa).
3.
Siswa melingkari jenis profesi yang menghasilkan,
misalnya tukang kayu, tukang sayur, nelayan, pekerja di kilang minyak, dan
pengrajin bambu.
4.
Siswa menuliskan alasan dari setiap jawaban mereka.
5.
Sebagai pengantar untuk masuk ke materi berikutnya,
yaitu tentang SDA (Sumber Daya Alam), ajukan pertanyaan seperti di bawah ini.
Di mana wilayah atau lokasi bahan-bahan dasar
tersebut bisa ditemukan?
6.
Siswa membaca teks tentang tiga jenis SDA (Sumber
Daya Alam)
7.
Siswa menjawab pertanyaan bacaan dan mengisi tabel
berbentuk piramida. (Penilaian
no. 2)
8.
Dari tabel piramida, siswa menyimpulkan hubungan
antara usia tanam dan ketersediaan
SDA.
9.
Pastikan siswa menangkap pesan dari materi Sumber
Daya Alam.
10.
Siswa menggambar pemandangan alam mengikuti
instruksi yang diberikan. (Penilaian no. 1)
11.
Ajak siswa keluar kelas atau keluar sekolah untuk
mendapatkan objek gambar yang menarik. Siswa dapat menggambar bersama di luar
kelas. Kegiatan ini akan memberi pengalaman berbeda pada siswa.
12.
Minta siswa menggambar langsung objek yang mereka lihat
di luar kelas.
13.
Siswa berdiskusi dan membuat daftar tentang
jenis-jenis Sumber Daya Alam yang ada di daerah mereka.
14.
Siswa bisa menuliskannya dalam bentuk tabel atau
tulisan narasi. (Penilaian no. 3)
|
190 Menit
|
Penutup
|
1.
Siswa bersama guru
membuat kesimpulan
2.
Siswa memimpin doa
di akhir pembelajaran.
|
10 Menit
|
G. Penilaian
1.
Teknik Penilaian
a.
Penilaian Sikap: teliti, rasa ingin tahu, tekun, dan
peduli lingkungan
b.
Penilaian Pengetahuan:
teks wawancara, SDA,
jenis pekerjaan dan langkah-langkah menggambar alam
c.
Penilaian
Keterampilan: membaca
dan mencari informasi tersurat/tersirat, menggambar alam
2.
Bentuk Instrumen Penilaian
a.
Penilaian Sikap
Buku Guru kelas IV Tema 3
b.
Penilaian Pengetahuan
Buku Siswa Kelas IV Tema 3
c.
Penilaian
Keterampilan
Buku Siswa Kelas IV Tema 3
Mengetahui, Peusanga, Oktober
2014
Kepala Sekolah Guru Kelas
IV
Comments
Post a Comment