Skip to main content

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN : Berbagai Pekerjaan/Jenis-Jenis Pekerjaan/4


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan          : SD Negeri 4 Peusangan
Kelas/ Semester               : IV/1 (Satu)
Tema/ Subtema/ PB       : Berbagai Pekerjaan/Jenis-Jenis Pekerjaan/4
Alokasi Waktu                   : 1 x Pertemuan (5 x 35 Menit)

A.   Kompetensi Inti (KI)
1.    Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
3.    Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis, dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.    Kompetensi Dasar dan Indikator
Bahasa Indonesia
3.4   Menggali informasi dari teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.4   Menyajikan teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam secara mandiri dalam teks bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
·         Menemukan informasi tentang sumber daya alam (bamboo, kayu, dan logam)
IPS
3.1   Mengenal manusia, aspek keruangan, konektivitas antarruang, perubahan dan keberlanjutan dalam waktu, sosial, ekonomi, dan pendidikan
4.1   Menceritakan tentang hasil bacaan mengenai definisi ruang, konektivitas antarruang, perubahan, dan keberlanjutan dalam waktu, sosial, ekonomi, dan pendidikan dalam lingkup masyarakat di sekitarnya
·         Menjelaskan berbagai sumber daya alam dan hubungannya dengan jenis-jenis pekerjaan
·         Membedakan sumber daya alam dapat diperbaharui dan tak dapat diperbaharui
IPA
3.7   Mendeskripsikan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat
4.7   Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang teknologi yang digunakan di kehidupan seharihari dan kemudahan yang diperoleh oleh masyarakat dengan memanfaatkan teknologi tersebut
·         Menjelasakan hubungan antara SDA dengan kondisi lingkungan tempat hidup masyarakat

C.      Materi Pembelajaran
1.       Menjelaskan hubungan antara pekerjaan dan barang yang dihasilkan
2.       Menjawab pertanyaan teks bacaan
3.       Menggambar alam

D.      Metode Pembelajaran
1.       Metode :  diskusi, tanya jawab, diskusi kelompok.
2.       Pendekatan : saintifik [mengamati, menanya, mencoba, menalar dan mengkomunikasikan]

E.       Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
1.       Media                   : pemandangan di sekitar sekolah digunakan sebagai objek menggambar pemandangan alam
2.       Alat                        : kertas tambahan bila siswa ingin menggambar lebih dari 1 objek, pensil, pensil warna, crayon, atau cat air
3.       Sumber belajar : Kemdikbud RI. 2014. “Berbagai Pekerjaan”:Jakarta. Pusat Balitbang Kemdikbud

F.       Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.       Siswa berdoa bersama
2.       Guru memberikan motivasi
3.       Guru menyampaikan tema dan subtema yang akan dipelajari.
10 Menit
Kegiatan Inti
1.       Siswa mengamati gambar yang ada di buku. Minta siswa untuk menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan gambar.
2.       Siswa berdiskusi dengan teman untuk membedakan jenis profesi yang menghasilkan benda dan jenis profesi yang tidak menghasilkan benda (menghasilkan jasa).
3.       Siswa melingkari jenis profesi yang menghasilkan, misalnya tukang kayu, tukang sayur, nelayan, pekerja di kilang minyak, dan pengrajin bambu.
4.       Siswa menuliskan alasan dari setiap jawaban mereka.
5.       Sebagai pengantar untuk masuk ke materi berikutnya, yaitu tentang SDA (Sumber Daya Alam), ajukan pertanyaan seperti di bawah ini.
Di mana wilayah atau lokasi bahan-bahan dasar tersebut bisa ditemukan?
6.       Siswa membaca teks tentang tiga jenis SDA (Sumber Daya Alam)
7.       Siswa menjawab pertanyaan bacaan dan mengisi tabel berbentuk piramida. (Penilaian
no. 2)
8.       Dari tabel piramida, siswa menyimpulkan hubungan antara usia tanam dan ketersediaan
SDA.
9.       Pastikan siswa menangkap pesan dari materi Sumber Daya Alam.
10.   Siswa menggambar pemandangan alam mengikuti instruksi yang diberikan. (Penilaian no. 1)
11.   Ajak siswa keluar kelas atau keluar sekolah untuk mendapatkan objek gambar yang menarik. Siswa dapat menggambar bersama di luar kelas. Kegiatan ini akan memberi pengalaman berbeda pada siswa.
12.   Minta siswa menggambar langsung objek yang mereka lihat di luar kelas.
13.   Siswa berdiskusi dan membuat daftar tentang jenis-jenis Sumber Daya Alam yang ada di daerah mereka.
14.   Siswa bisa menuliskannya dalam bentuk tabel atau tulisan narasi. (Penilaian no. 3)
190 Menit
Penutup
1.       Siswa bersama guru membuat kesimpulan
2.       Siswa memimpin doa di akhir pembelajaran.
10 Menit

G.     Penilaian
1.       Teknik Penilaian
a.       Penilaian Sikap: teliti, rasa ingin tahu, tekun, dan peduli lingkungan
b.      Penilaian Pengetahuan: teks wawancara, SDA, jenis pekerjaan dan langkah-langkah menggambar alam
c.       Penilaian Keterampilan: membaca dan mencari informasi tersurat/tersirat, menggambar alam
2.       Bentuk Instrumen Penilaian
a.       Penilaian Sikap
Buku Guru kelas IV Tema 3

b.      Penilaian Pengetahuan
Buku Siswa Kelas IV Tema 3

c.       Penilaian Keterampilan
Buku Siswa Kelas IV Tema 3
                                                                                                                               
Mengetahui,                                                                                                                      Peusanga,        Oktober  2014
Kepala Sekolah                                                                                                                 Guru Kelas IV



............................                                                                                                   ..................................


Comments

Popular posts from this blog

MAKALAH PENGETAHUAN DASAR KOMPUTER

PENGETAHUAN DASAR KOMPUTER DISUSUN OLEH:               NAMA              :                NPM                  :                MK                    : APLIKASI KOMPUTER               DOSEN             :                                       , M.Kom            ...

LAPORAN OBSERVASI DAN WAWANCARA TK AL- REZA

LAPORAN OBSERVASI DAN WAWANCARA TK AL- REZA DISUSUN OLEH: NAMA              :          NPM                 :          DOSEN             :           PRODI              :         PG-PAUD FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS ALMUSLIM BIREUEN 2019 KATA PENGANTAR Assalamu’alaikum warohmatullahi wabaraokatuh Puji syukur saya panjatkan kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat-Nya sehingga dapat melaksanakan observasi dan menulis laporan hasil observasi tepat pada waktunya. Dan ucapan terimakasi...

STUDI KASUS MISKOMUNIKASI ANTARA PIMPINAN DAN KARYAWAN PT CAHAYA MITRA UTAMA

STUDI KASUS MISKOMUNIKASI ANTARA PIMPINAN DAN KARYAWAN PT CAHAYA MITRA UTAMA DISUSUN OLEH : NAMA            :  NPM                :  MK                  : KEPEMIMPINAN PRODI            : ADMINISTRASI BISNIS FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS ALMUSLIM BIREUEN 2019 Studi Kasus : Miskomunikasi antara pimpinan dan karyawan PT Cahaya Mitra Utama Miskomunikasi adalah salah satu akibat dari proses komunikasi yang tidak bisa diterima baik oleh kedua pihak, yang menyebabkan tujuan atau misi dari komunikasi tersebut tidak tercapai. Miskomunikasi biasa terjadi pada komunikasi antara kedua pihak. Miskomunikasi biasanya dikarenakan salah satu pihak tidak mengerti de...