LEMBAR OBSERVASI SISWA
Nama Pengamat :
Materi :
Siklus :
Hari/Tanggal :
Petunjuk:
A.
Isilah kolom skor sesuai dengan pedoman
penilaian, berikut pedoman penskoran setiap indikator
5 : Jika semua deskriptor muncul
4 : Jika 3 deskriptor muncul
3 : Jika 2 deskriptor muncul
2 : Jika 1 deskriptor muncul
1 : Jika tidak ada deskriptor yang muncul
B. Isilah kolom nilai yang
muncul sesuai dengan deskriptor
Kegiatan
|
Tahap
|
Indikator
|
Deskriptor
|
Skor
|
Awal
|
Fase
Stimulation
|
Siswa menjawab salam dan
menjawab absen guru
|
a. Siswa menjawab salam dan
berdoa
b.
Siswa
merespon saat guru memeriksa kehadiran siswa
c.
siswa merapikan kelas sebelum prose pembelajaran berlangsung
d. siswa
tertib dalam belajar
|
|
Siswa mendengarkan
motivasi dan apersepsi dari guru
|
a. Siswa
mendengarkan pengarahan dari guru
b. Siswa
mendengarkan motivasi dari guru
c. Siswa
mendengarkan apersepsi dari guru
d.
Siswa menjawab pertanyaan dari guru
|
|||
Siswa mendengarkan penyampaian tujuan pembelajaran
|
a. Tujuan
disampaikan di awal pembelajaran
b.
Tujuan disampaikan sesuai dengan materi pelajaran
c.
Tujuan disampaikan dengan bahasa yang mudah dipahami siswa
d. Siswa
mencatat pelajaran
|
|||
Siswa mendengarkan penyampaian materi pelajaran
|
a.
Siswa mendengarkan penjelaskan yang disampaikan oleh guru
b. Siswa
saling berbagi informasi
c. Siswa
memperhatikan penjelasan guru
d.
Siswa tenang agar proses pembelajaran berjalan dengan lancar
|
|||
Inti
|
Fase
Problem Statemen
|
Siswa menjawab pertanya yang
diberikan guru.
|
a.
Siswa melakukan tanya jawab dengan guru
b.
Siswa mendengarkan pengajuan pertanyaan terkait dengan materi pelajaran
disekitanya dari guru
c.
Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan guru
d. Bebarapa siswa untuk menjawab pertanyaan yang di ajukan
|
|
siswa maju kedepan untuk
menuliskan materi. Guru memberikan tanggapan terhadap hasil
jawaban siswa
|
a. Salah
satu seorang siswa maju kedepan kelas
b.
Siswa menuliskan hal-hal yang berhubungan dengan media
c. Kepada
siswa lain diharapkan tenang agar proses pembelajaran berjalan dengan lancar
d. Siswa
mendengarkan tanggapan dari guru
|
|||
Fase Data Collection
|
siswa
membentuk kelompok sesuai dengan arahan guru
|
a. siswa
membentuk kelompok belajar
b.
siswa mendengarkan pemilihan anggota kelompok secara acak yang
disampaikan oleh guru
c.
Setiap anggota kelompok yang terpilih tidak ada yang tidak mau
d. siswa
membentuk kelompok yang terdiri dari 5-6 orang siswa
|
||
siswa mengambil LKPD yang dibagikan
oleh guru untuk setiap kelompok
|
a.
siswa mengambil LKPD yang dibagikan oleh guru
b.
perwakilan dari kelompok untuk mengambil LKPD
c.
Setiap kelompok mengambil LKPD secara berurutan
d. Setiap
kelompok diharapkan tenang
|
|||
siswa dari setiap kelompok untuk dapat
memahami petunjuk kerja terlebih dahulu dan siswa mendengarkan arahan dalam pengambilan data dari guru
|
a. Semua
anggota kelompok membaca petunjuk LKPD
b. Siswa
mendengarkan bimbingan dari guru
c. Siswa
dibimbing oleh guru dalam kerja kelompok
d. siswa mendengarkan arahan
dalam pengambilan data dari guru
|
|||
Data processing
|
Siswa melakukan pengolahan
data pada LKPD
|
a. Siswa
mengolah data pada LKPD
b.
Siswa berdiskusi dalam menyelesaikan laporan hasil pengamatan
c.
Siswa mengerjakan soal-soal yang terkait pada LKPD
d. Siswa untuk tetap tenang selama proses pembelajar
berlangsung
|
||
Siswa mengaitkan
materi pada percobaan sehingga siswa dapat menyelesaikan laporan hasil
pengamatan
|
a. Siswa
mengaitkan materi pada percobaan
b.
Siswa dapat menyelesaikan laporan hasil pengamatan
c.
Siswa menyelesaikan bahan presentasi yang akan ditampilkan di depan kelas
d. Siswa maju kedepan kelas
|
|||
Fase Verification
|
Siswa mempresentasikan
hasil percobaan kedepan kelas.
|
a. perwakilan
untuk dapat kelompok memprentasikan
hasil kerja kelompok
b.
Kelompok menyampaikan hasil kerjanya secara jelas
c. Kelompok
lain memberikan komentar
d. Setiap
kelompok yang tampil menjawab pertanyaan dari kelompok lain
|
||
Siswa mendengarkan pengarahan
dari guru
|
a.
Siswa mendengarkan pengarahan dari guru terhadap hasil kelompok
b.
Siswa mendengarkan Guru mengklarifikasikan hasil belajar kelompok
c.
Siswa mendengarkan masukan tehadap
hasil kerja kelompok
d. siswa
tetap tertib
|
|||
Siswa dan guru mengkaji
kembali hasil diskusi yang telah disampaikan
|
a.
Siswa mengkaji kembali hasil kelompok menurut bimbingan dari guru
b.
Siswa menjawab pertanyaan sesuai yang diajukan guru
c. Siswa
tetap tenang dalam proses pembelajaran
d. Siswa
membuat rangkuman hasil prentasi setiap kelompok
|
|||
Penutup
|
Fase Generalization
|
Siswa
mendengarkan arahan guru dan merangkum
sebagai bahan belajar selanjutnya
|
a.
siswa mendengar arahan guru untuk rangkuman pembelajaran
b.
siswa mendengarkan penyampaian materi
yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
c. Siswa
menjawab soal secara individu
d. Siswa
menjawab salam bahwa pembelalajaran
sudah selesai
|
|
Jumlah
|
||||
Rata-Rata
|
Skor Persentase =x 100 %
No Persentase Kriteria
|
|
1.
2.
3.
4.
5.
|
90% < P ≤ 100%
Sangat baik
80% < P ≤ 90% Baik
70% < P ≤ 80% Cukup
60% < P ≤ 70% Kurang
0% < P ≤ 60% Sangat Kurang
|
|
Comments
Post a Comment