Skip to main content

LEMBAR OBSERVASI SISWA


LEMBAR OBSERVASI SISWA

Nama Pengamat                     :
Materi                                     :
Siklus                                      :
Tindakan                                :
Hari/Tanggal                           :
Petunjuk:
A.    Isilah kolom skor sesuai dengan pedoman penilaian, berikut pedoman penskoran setiap indikator
5 : Jika semua deskriptor muncul
4 : Jika 3 deskriptor muncul
3 : Jika 2 deskriptor muncul
2 : Jika 1 deskriptor muncul
1 : Jika tidak ada deskriptor yang muncul
B.  Isilah kolom nilai yang muncul sesuai dengan deskriptor
Kegiatan
Tahap
Indikator
Deskriptor
Skor
Awal
Fase Stimulation

Siswa menjawab salam dan menjawab absen guru

a.   Siswa menjawab salam dan berdoa
b.   Siswa merespon saat guru memeriksa kehadiran siswa
c.   siswa merapikan kelas sebelum prose pembelajaran berlangsung
d.   siswa tertib dalam belajar

Siswa mendengarkan  motivasi dan apersepsi dari guru
a.    Siswa mendengarkan pengarahan dari guru
b.   Siswa mendengarkan motivasi dari guru
c.    Siswa mendengarkan apersepsi dari guru
d.   Siswa menjawab pertanyaan dari guru

Siswa mendengarkan penyampaian tujuan pembelajaran
a.   Tujuan disampaikan di awal pembelajaran
b.   Tujuan disampaikan sesuai dengan materi pelajaran
c.   Tujuan disampaikan dengan bahasa yang mudah dipahami siswa
d.  Siswa mencatat pelajaran


Siswa mendengarkan penyampaian  materi pelajaran

a.    Siswa mendengarkan penjelaskan yang disampaikan oleh guru
b.   Siswa saling berbagi informasi
c.    Siswa memperhatikan penjelasan guru
d.   Siswa tenang agar proses pembelajaran berjalan dengan lancar

Inti
Fase Problem Statemen

Siswa menjawab pertanya yang diberikan guru. 
a.   Siswa melakukan tanya jawab dengan guru
b.   Siswa mendengarkan pengajuan pertanyaan terkait dengan materi pelajaran disekitanya dari guru
c.   Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan guru
d.  Bebarapa siswa untuk menjawab pertanyaan yang di ajukan

siswa maju kedepan untuk menuliskan materi. Guru memberikan tanggapan terhadap hasil jawaban siswa
a.    Salah satu seorang siswa maju kedepan kelas
b.   Siswa menuliskan hal-hal yang berhubungan dengan media
c.    Kepada siswa lain diharapkan tenang agar proses pembelajaran berjalan dengan lancar
d.   Siswa mendengarkan tanggapan dari guru

 Fase Data Collection

siswa membentuk kelompok sesuai dengan arahan guru
a.    siswa membentuk kelompok belajar
b.   siswa mendengarkan pemilihan anggota kelompok secara acak yang disampaikan oleh guru
c.    Setiap anggota kelompok yang terpilih tidak ada yang tidak mau

d.   siswa membentuk kelompok yang terdiri dari 5-6 orang siswa


siswa mengambil LKPD yang dibagikan oleh guru untuk setiap kelompok
a.    siswa mengambil LKPD yang dibagikan oleh guru
b.   perwakilan dari kelompok untuk mengambil LKPD
c.    Setiap kelompok mengambil LKPD secara berurutan
d.   Setiap kelompok diharapkan tenang

siswa dari setiap kelompok untuk dapat memahami petunjuk kerja terlebih dahulu dan siswa mendengarkan arahan dalam pengambilan data dari guru
a.   Semua anggota kelompok membaca petunjuk LKPD
b.   Siswa mendengarkan bimbingan dari guru
c.   Siswa dibimbing oleh guru dalam kerja kelompok
d.  siswa mendengarkan arahan dalam pengambilan data dari guru

 Data processing

Siswa melakukan pengolahan data pada LKPD
a.   Siswa mengolah data pada LKPD
b.   Siswa berdiskusi dalam menyelesaikan laporan hasil pengamatan
c.   Siswa mengerjakan soal-soal yang terkait pada LKPD
d.  Siswa untuk tetap tenang selama proses pembelajar berlangsung



Siswa mengaitkan materi pada percobaan sehingga siswa dapat menyelesaikan laporan hasil pengamatan

a.    Siswa mengaitkan materi pada percobaan
b.   Siswa dapat menyelesaikan laporan hasil pengamatan
c.    Siswa menyelesaikan bahan presentasi yang akan ditampilkan di depan kelas
d.   Siswa  maju kedepan kelas


Fase Verification

Siswa mempresentasikan hasil percobaan kedepan kelas.
a.   perwakilan untuk dapat kelompok memprentasikan  hasil kerja kelompok
b.   Kelompok menyampaikan hasil kerjanya secara jelas
c.   Kelompok lain memberikan komentar
d.  Setiap kelompok yang tampil menjawab pertanyaan dari kelompok lain

Siswa mendengarkan pengarahan dari guru
a.   Siswa mendengarkan pengarahan dari guru terhadap hasil kelompok
b.   Siswa mendengarkan Guru mengklarifikasikan hasil belajar kelompok
c.   Siswa mendengarkan  masukan tehadap hasil kerja kelompok
d.  siswa tetap tertib


Siswa dan guru mengkaji kembali hasil diskusi yang telah disampaikan
a.    Siswa mengkaji kembali hasil kelompok menurut bimbingan dari guru
b.   Siswa menjawab pertanyaan sesuai yang diajukan guru
c.    Siswa tetap tenang dalam proses pembelajaran


d.   Siswa membuat rangkuman hasil prentasi setiap kelompok

Penutup
Fase Generalization

Siswa mendengarkan arahan guru dan  merangkum sebagai bahan belajar selanjutnya

a.    siswa mendengar arahan guru untuk rangkuman pembelajaran
b.   siswa mendengarkan penyampaian  materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
c.     Siswa menjawab soal secara individu
d.   Siswa menjawab  salam bahwa pembelalajaran sudah selesai

                                                                                                     Jumlah

                                                                                                   Rata-Rata

    Skor Persentase =x 100 % 
No                         Persentase                                                 Kriteria
1.
2.
3.
4.
5.
90% < P ≤ 100%                                          Sangat baik
80% < P ≤ 90%                                            Baik
70% < P ≤ 80%                                            Cukup
60% < P ≤ 70%                                            Kurang
0% < P ≤ 60%                                              Sangat Kurang
   

Matanglumpang dua,…,……..2019
       Pengamat .I







(........………………………)







 
 


Comments

Popular posts from this blog

MAKALAH PENGETAHUAN DASAR KOMPUTER

PENGETAHUAN DASAR KOMPUTER DISUSUN OLEH:               NAMA              :                NPM                  :                MK                    : APLIKASI KOMPUTER               DOSEN             :                                       , M.Kom               PRODI              : AGRIBISNIS FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS ALMUSLIM BIREUEN 2019 KATA PENGANTAR Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT karena berkat rahmat dan hidayah-Nya penulis telah mampu menyelesaikan makalah berjudul “Pengetahuan Dasar Komputer”. Makalah ini disusun untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah. Komputer adalah alat yang digunakan untuk membantu pekerjaan manusia, misalnya mulai dari mengerjakan pekerjaan kampus, sekolah, kantor, multimedia, bahkan hiburan. Dengan demikian, jelas bahwa untuk bekerja, komputer memerlukan instruksi dari pengguna yang kemudian disebut sebagai brainware. Manusia melakukan interaksi dengan ko

LAPORAN OBSERVASI DAN WAWANCARA TK AL- REZA

LAPORAN OBSERVASI DAN WAWANCARA TK AL- REZA DISUSUN OLEH: NAMA              :          NPM                 :          DOSEN             :           PRODI              :         PG-PAUD FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS ALMUSLIM BIREUEN 2019 KATA PENGANTAR Assalamu’alaikum warohmatullahi wabaraokatuh Puji syukur saya panjatkan kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat-Nya sehingga dapat melaksanakan observasi dan menulis laporan hasil observasi tepat pada waktunya. Dan ucapan terimakasih kepada ibu Berliantika Putri Aswir, M.Pd. Kons, selaku Dosen Pengampu Mata Kuliah yang sudah memberikan tugas kepada saya agar dapat mengobservasi secara langsung di lembaga TK. Laporan ini merupakan hasil observasi saya dari TK AL-REZA. Tersusunnya laporan ini tidak terlepas dari bantuan berbagai pihak sehingga pada kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih kepada yang Semua pihak yang tidak bisa disebutk

makalah Perencanaan karangan

BAB I PENDAHULUAN 1.1     Latar Belakang google Perencanaan karangan merupakan tahap awal yang dilakukan oleh seorang pengarang untuk mengumpulkan informasi, merumuskan masalah, menentukan pembatasan masalah, mengamati objek yang ditulis, dan menuangkan gagasannya dari awal penulisan hingga akhir penulisan. Perencanaan karangan penting dibuat agar karangan dapat terstruksur dengan baik, menarik para pembaca dan mudah dipahami. Jika perencanaan karangan tidak dibuat maka pengarang akan mengalami kesulitan dalam penulisan, apalagi dalam penulisan karangan formal seperti makalah penelitian, skripsi, tesis dan disertasi, atau karangan ilmiah lainnya menuntut beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Untuk memudahkan pembuatannya, maka diperlukan perencanaan karangan yang terdiri atas beberapa tahapan penulisan. Oleh karena itu, melihat pentingnya pembuatan perencanaan karangan sebelum membuat karangan, maka tim penulis tertarik untuk membahas perencanaan karangan lebih