Skip to main content

SOLUSI DALAM MENGATASI PERMASALAHAN INTERAKSI DESA DAN KOTA

SOLUSI DALAM MENGATASI PERMASALAHAN
INTERAKSI DESA DAN KOTA

Sumber : Google

Solusi yang dapat diberikan untuk mengatasi permasalahan yang timbul akibat interaksi desa dan kota antara lain:
·         Solusi untuk mengatasi permasalahan akibat Interaksi desa dan kota dalam sisi desa
1.      Dalam masyarakat desa tradisional kebanykan di Indonesia, sektor pertanian merupakan suatu sektor yang mendasar dan sangat penting bagi kehidupan masyarakat desa dan pengaruhnya sangat besar juga kepada masyarakat pada umumnya. Moderenisasi yang berjalan tidak secara maksimal dan bahkan dampak yang didapat bukanlah damapk yang baik tau dampak negatif tentu saja akan membawa suatu permasalahan yang tidak main-main, apalagi membawa pengaruh dalam pandangan hidup masyarakat desa yang cenderung tergiur dengan kemeriahan moderenisasi. Sehingga akan meninggalkan segala sesuatu yang bersifat tradisional dan meninggalkan dasar utama orang desa sebagai prodesen pemenuh kebutuhan hidup. Solusi dari permasalahan tersebut adalah sebenarnya tidak menuntut untuk melarang masyarakat untuk tidak bersentuhan dengan moderenisasi tetapi melainkan lebih bijak dalam menagani moderenisasi supaya tidak sampai terbawa arus yang tidak benar. Akan lebih memberikan dampak yang baik apabila moderenisasi juga dibarengi dengan kesiapan mental masyarakat desa, sehingga akan memunculkan dampak yang baik pula bagi semuanya.
2.      solusi yang dapat diberikan untuk menanggulangi permasalahan akses komunikasi desa yang semakin tanpa batas sehingga menimbulkan konsumsi publik tanpa keterangan yang mendasar mengakibatkan muncul tindakan-tindakan yang sebenarnya bukanlah suatu pengajaran atau tindakan yang baik. Hal demikian dapat ditanggulangi dengan melakukan suatu penyuluhan dan penyingkapan tabir media komunikasi masyarakat, supaya masyarakat meskipun masyarakat desa dapat menjadi orang yang bijak, komunikasi dfimanfaatkan untuk sesuatu yang bermanfaan dan mendatangkan kebaikan, bukanya untuk sesuatu yang berujung pada suatu tindakan penyelewengan atau lebih parah dengan kejahatan.
3.      Kekosongan masyarakat produktif di desa merupakan sebagai dasar kelumpuhan perekonomian. Dan dalam hal ini adalah desa yang merupakan penyuplai kebutuhan untuk orang kota selain memenuhi kebutuhanya sendiri. Dengan sumberdaya manusia yang notabene adalah motor penggerak suatu roda perekonomian tentusaja mobilitas ekonomi akan lumpuh yang berujung pada menurunya angka produksi serta menurunya kesejahteraan masyarakat dan juga tidak terpenuhinya kebutuhan hidupnya. Solusi dari permasalahan tersebut adalah dengan memberikan suatu kebenaran realita kehidupan gemerlap kota sebenarnya kepada masyarakat desa, supaya masyarakat desa tidak terlalu mengandai-andai sesuatu yang belum tentu benar. Jadi masyarakat tidak sampai meninggalkan desa begitu saja, malahan dimotivasi terus untuk tetap berkarya dan produktif di desa untuk kebaikan semuanya.
4.      Solusi dari perluasan lahan perkotaan yang menggerus wilayah desa, akan sangat berdampak bagi kehidupan keduanya. Apabila lahan perluasan tersebut adalah lahan aktif produktif tentusaja akan mengurangi produktifitas masyarakat desa. Dan itu tidak hanya berdampak pada masyarakat desa melainkan pada masyarakat juga sebagi konsumen. Oleh karena itu sebenarnya perluasan kota memang diperbolehkan, namun harus sesuai dengan pertimbangan yang matang, jangan samapai hanya mengedepankan keuntungan kolektif semata.
5.      Budaya dalam kehidupan merupakan sesuatu yang tidak tampak namun dampaknya akan sangat terasa dalam kehidupan. Karena hal tersebut adalah sesuatu yang immaterial sehingga untuk mengatasi atau menanggulangi mobilitasnya akan begitu sulit. Masuknya budaya kota ke desa dikarenakan adanya interaksi desa dan kota memang merupakan sesuatu yang melekat dalam aktifitas ini. Sebagai orang desa yang memiliki ciri unik dari pada kehidupan kota, seharusnya masyarakat tetap memegang kearifan hidup masyarakat desa. Apalagi apabila hidup didesa namun dengan budaya atau gaya hidup orang kota, hal tersebut bukanlah hal yang sesuai dan nantinya juga tidak akan melahirkan sesuatu akhir yang indah. Hal ini tidak akan terjadi apabila masyarakat desa lebih tau diri dan sadar serta selalu menghargai kehidupan budaya yang ada didesa.
6.      Seharusnya para penduduk desa terus bergerak sesuai dengan fungsi dan peranya, yaitu sebagai penyuplai bahan makanan baik bagi penduduk desa sendiri ataupun sebagai penyuplai bahan makanan untuk masyarakat kota. Sesuai dengan teori struktural fungsional, yang mengatakan bahwa apabila salah satu komponen suatu sistem tidak berfungsi sesuai dengan peranya maka akan mengganggu keberlangsungan hidup komponen lainya bahkan mempengaruhi keberlangsungan sistem. Maka dari itu seharusnya masyarakat desa terus menjalankan peran dan fungsinya. Mselain itu permasalahan pengangguran orang-orang urban yang semakin menumpuk dikota akan menjadikan suatu permasalahan yang sulit. Hal demikian terjadi dikarenakan pekerjaan masyarakat urban tidak sesuai dengan yang ada di kota sehingga tenaga dan kemampuanya tidak relevan dengan kebutuhan pekerjaan yang ada dikota. Olehnya seharusnya masyarakat desa dapat memaksimalkan diri untuk mendapatkan pendapatan yang sebaik-baiknya meskipun hidup di desa. Karena bukan berarti hidup di desa tidak dapat menjadi orang ysng sukses dan baik dalam keadaan ekonomi. Dan berikutnya adalah masalah pencemaran dari hasil kehidupan masyarakat kota yang semakin meningkat karena adanya akibat dari iteraksi desa dan kota. Semakin tinggi jumlah penduduk maka tingkat polusi atau pencemaran yang diproduksi akan semakin tinggi pula. Dari semua ini yang terpenting adalah masyarakat harus menjalankan hidup sesuai dengan fungsi strukturalnya dengan sebaik-baiknya dan maksimal supaya mendatangkan kebaikan bagi diri sendiri ataupun masyarakat secara umum.
·         Solusi untuk mengatasi permasalahan akibat Interaksi desa dan kota dalam sisi kota
1.      Dalam permasalahan penduduk desa yang pergi ke kota atau biasa dengan istilah urbanisasi tetapi bukanlah urbanisasi yang berkualitas, melaionkan urbanisasi yang hanya modal nekat saja untuk ke kota. Hal ini tentusaja mengakibatkan mereka kesulitan untuk dapat hidup di kota dengan tuntutan hidup yang begitu keras tidak seperti di desa, sudah menjadi hal pasti ini akan menimbulkan suatu beban masyarakat yaitu tingginya angka pengangguran dan apabila selalu menganggur akan sangat berbanding lurus dengan yang namanya kemiskinan. Soslusi yang dapat diberikan dari permasalahan klasik ini, adalah memberikan suatu penggambaran realita sebenarnya yang ada dikota, sehingga masyarakat desa dapat mengestimasi apakah mereka sudah siap apa belum hidup di kota. Solusi yang lain adalah dengan pemberian suatu pendidikan dan ketrampilan dalam bekerja supaya apabila hidup dikota sudah siap dengan pekerjaanya supaya tidak menciptakan pengangguran. Dan solusi yang berikutnya adalah membuat pusat-pusat ekonomi baru tentunya di desa, supaya masyarakat desa pun dapat menikmati geliat ekonomi modern tanpa tergilas oleh kehidupan yang keras seperti di kota. Sehingga mereka (orang-orang desa) dapat belajar mulai dari sistem ekonomi yang modern secara perlahan dan bertahap, nanti akan muncul penyesuaian diri dan akhirnya mereka akan kuat dalam menghadapi gempuran kehidupan seperti kehidupan di perkotaan dan tidak akan menjadi orang yang tidak berguna ataupun menjadi beban masyarakat dan negara.
2.      Estimasi seseorang terhadap keadaan memanglah tidak selamanya akan membuahkan hasil yang sesuai denga keinginan, seperti halnya hasil interaksi desa dan kota yang mengakibatkan masyarakat desa yang urbanisasi ke kota dengan harapan mendatkan kehidupan yang lebih baik daripada hidup didesa, namun banyak kejadian orang desa yang urbanisasi kekota hanya menjadi beban kota saja. Hal tersebut dikarenakan kurangnya kesiapan masyarakat desa menjalankan hidup di kota dan akhirnya mereka tergilas oleh kehidupan kota, jangankan mendapatkan kesuksesan, tetapi dapat hidup saja sudah untung. Solusi dari permasalahan ini adalah dalam melakukan perpindahan dari desa ke kota haruslah dipersiapkan dengan sebaik baiknya, baik dalam bidang financial maupun keahlian yang dimiliki. Apabila tidak siap akan hal itu, lebih baik menikmati dan memaksimalkan hidup di daerah asal atau di desa, menunggu sampai siap pergi ke kota apabila benar-benar menginginkan hidup di kota.
3.      Untuk permasalahan munculnya pemukiman liar yang berujung pada pemukiman kumuh karena kurangnya kemampuan untuk membuat hunian ditempat yang layak karena lahan dan bahan yang begitu mahal di kota. Solusi yang dapat diberikan dalam hal ini ada bebera cara. Yang pertama adalah pemberian bekal wawasan kepada para urban, supaya sebelum pindah dari desa ke kota haruslah memiliki persiapan yang matang dan sedemikian rupa. Karena hidup dikota tidak semudah dan tidak semurah hidup didesa, dan model kehidupanya juga akan sangat jauh berbeda. Solusi yang berikutnya adalah dibutuhkanya peran aktif pemerintah untuk menyediakan hunian yang layak bagi sesama warganegara, meskipun memiliki keterbatasan ekonomi. Tetapi kesejahteraanya tetaplah beban pemerintah. Maka dari itu pemerintah perlu menyediakan hunian yang layak, terjangakau dan tentunya memenuhi kebutuhan hidup dasar manusia. Hal tersebut karena kemampuan masyarakatnya yang kurang dalam hal financial berarti harus ada jalan keluarnya, yaitu mungkin membangun rumah dan disewakan tentunya dengan subsidi cara lain yaitu menjual dengan cara kredit yang tidak menyulitkan, tentu saja dengan subsidi dari pemerintah. Dari solusi itulah nanti akan terentaskan mereka dari belenggu kehidupan kumuh dan akan menjalankan kehidupan yang lebih baik lagi.
4.      Mengenai masalah degradasi lingkungan atau pembangunan yang tidak memperhatikan aspek lingkungan. Akhirnya keseimbangan lingkungan sekitarpun menjadi rusak. Dari permasalahan tersebut banyak solusi yang dapat diajukan, antara lain yang pertama dengan upaya pemerintah, yang seharusnya dalam melakukan perencanaan tataletak kota harus seimbang, benar dan sesuai dengan pertimbangan-pertimbangan. Dan hal itu bukan hanya menjadi wacana belaka, melainkan dalam faktanya harus benar-benar dilakukan, yaitu dengan konsistensisitas pemerintah dalam melaksanakannya.
Begitilah solusi yang dapat diberikan untuk menagatasi permasalahan-permasalahan yag muncul akibat adanya interaksi antara kota dengan desa. Intinya dalam interaksi tersebut harus ada pemahaman satu sama lain serta keseimbagan sinergi dari masyarakat keseluruhan dengan pemerintah sebagai pengolah syistem suatu tatanan. Sehingga semua solusi mudah didapatkan.


Comments

Popular posts from this blog

MAKALAH PENGETAHUAN DASAR KOMPUTER

PENGETAHUAN DASAR KOMPUTER DISUSUN OLEH:               NAMA              :                NPM                  :                MK                    : APLIKASI KOMPUTER               DOSEN             :                                       , M.Kom               PRODI              : AGRIBISNIS FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS ALMUSLIM BIREUEN 2019 KATA PENGANTAR Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT karena berkat rahmat dan hidayah-Nya penulis telah mampu menyelesaikan makalah berjudul “Pengetahuan Dasar Komputer”. Makalah ini disusun untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah. Komputer adalah alat yang digunakan untuk membantu pekerjaan manusia, misalnya mulai dari mengerjakan pekerjaan kampus, sekolah, kantor, multimedia, bahkan hiburan. Dengan demikian, jelas bahwa untuk bekerja, komputer memerlukan instruksi dari pengguna yang kemudian disebut sebagai brainware. Manusia melakukan interaksi dengan ko

LAPORAN OBSERVASI DAN WAWANCARA TK AL- REZA

LAPORAN OBSERVASI DAN WAWANCARA TK AL- REZA DISUSUN OLEH: NAMA              :          NPM                 :          DOSEN             :           PRODI              :         PG-PAUD FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS ALMUSLIM BIREUEN 2019 KATA PENGANTAR Assalamu’alaikum warohmatullahi wabaraokatuh Puji syukur saya panjatkan kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat-Nya sehingga dapat melaksanakan observasi dan menulis laporan hasil observasi tepat pada waktunya. Dan ucapan terimakasih kepada ibu Berliantika Putri Aswir, M.Pd. Kons, selaku Dosen Pengampu Mata Kuliah yang sudah memberikan tugas kepada saya agar dapat mengobservasi secara langsung di lembaga TK. Laporan ini merupakan hasil observasi saya dari TK AL-REZA. Tersusunnya laporan ini tidak terlepas dari bantuan berbagai pihak sehingga pada kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih kepada yang Semua pihak yang tidak bisa disebutk

makalah Perencanaan karangan

BAB I PENDAHULUAN 1.1     Latar Belakang google Perencanaan karangan merupakan tahap awal yang dilakukan oleh seorang pengarang untuk mengumpulkan informasi, merumuskan masalah, menentukan pembatasan masalah, mengamati objek yang ditulis, dan menuangkan gagasannya dari awal penulisan hingga akhir penulisan. Perencanaan karangan penting dibuat agar karangan dapat terstruksur dengan baik, menarik para pembaca dan mudah dipahami. Jika perencanaan karangan tidak dibuat maka pengarang akan mengalami kesulitan dalam penulisan, apalagi dalam penulisan karangan formal seperti makalah penelitian, skripsi, tesis dan disertasi, atau karangan ilmiah lainnya menuntut beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Untuk memudahkan pembuatannya, maka diperlukan perencanaan karangan yang terdiri atas beberapa tahapan penulisan. Oleh karena itu, melihat pentingnya pembuatan perencanaan karangan sebelum membuat karangan, maka tim penulis tertarik untuk membahas perencanaan karangan lebih