Skip to main content

KONDISI GEOGRAFIS DAN DEMOGRAFIS ASIA TIMUR


KONDISI GEOGRAFIS DAN DEMOGRAFIS ASIA TIMUR


BAB I
PENDAHULUAN
1.1          Latar Belakang
Sumber : google

Asia Utara terdapat 1 negara  yaitu Rusia. Sejarah Rusia diawali dengan perpindahan bangsa-bangsa Skandinavia yang dikenal sebagai bangsa Varangia yang dipimpin oleh tokoh semilegendaris Rurik yang menyeberangi Laut Baltik serta pada tahun 862 M memasuki kota Novgorod dan memerintah di sana. Pada tahun 882 ia menguasai Kiev, kota Slavia yang berkembang menjadi pusat perdagangan antara Skandinavia dan Konstantinopel. Pada tahun 989 Vladimir I meluaskan wilayahnya hingga Kaukasus dan Laut Hitam serta mengambil ajaran Gereja Ortodoks Yunani. Kerajaan Kiev Rusia berakhir setelah serangan Mongol pada tahun 1237 oleh Batu Khan, cucu Genghis Khan.
Selanjutnya bangsa Mongol dikalahkan oleh Dimitri Donskoy pada tahun 1380 dengan kemenangan di Kulikovo. Kemudian daerah-daerah yang tercerai berai disatukan kembali oleh Ivan IV; ia menaklukan Kazan (1552), Astrakhan (1516) serta menguasai Siberia. Pemerintahan dilanjutkan oleh penerusnya sampai wangsa Romanov naik tahta yang diawali dengan diangkatnya oleh Michael Romanov sebagai Tsar (1613). Dinasti Romanov berkuasa selama 304 tahun hingga tahun 1917 dengan Tsar Nikolai II sebagai tsar terakhir. Pada bulan Februari 1917 dibentuk Pemerintahan Sementara di bawah Pangeran Lyvov dan Alexander Kerensky sampai 25 Oktober 1917, saat pemerintahan tersebut digantikan Pemerintahan Revolusi Bolshevik oleh Vladimir Ilyich Lenin. Pada periode selanjutnya, pemerintahan dilanjutkan secara diktator oleh Josef Stalin (1922) yang mewujudkan Uni Soviet (Soviet berarti Dewan) dengan bergabungnya negara-negara di sekitar Rusia. Pemerintahan Uni Soviet berakhir setelah pada tanggal 25 Desember 1991 Presiden Mikhail Gorbachev mengundurkan diri serta berkibarnya bendera tiga warna Rusia di Kremlin.
1.2    Rumusan Masalah
1.      Bagaimanakah kondisi geografis di Asia Utara?
2.      bagaimanakah kondisi demografi di Asia Utara?






BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Kondisi Geografis
2.1.1 Letak
Asia Utara adalah suatu wilayah yang terletak di bagian utara benua asia.  Di daerah asia utara terdapat 1 (satu) negara yang berdaulat.  Negara yang paling besar di asia utara adalah Rusia dan negara yang paling kecil di asia utara adalah Rusia.  Negara asia utara yang paling banyak penduduknya adalah negara Rusia dan yang paling sedikit penduduknya adalah negara Rusia.  Di asia utara tidak terdapat wilayah atau daerah yang dikuasai oleh negara lain yang berasal dari luar negara asia utara.  Negara Rusia masuk juga secara resmi ke dalam daftar negara-negara Eropa.
Kawasan Asia ini memiliki batas-batas wilayah, yaitu:
Utara               :           Samudera Arktik.
Selatan            :           Kazakstan, Mongolia, RRC, Korea Utara dan Jepang.
Timur              :           Laut Bering.
Barat               :           Russia Eropa.
2.1.2 Negara di Asia Utara
Asia Utara adalah wilayah di bagian utara benua Asia. Secara politis dan geografis, kawasan ini mencakup seluwuh wilayah negara Rusia yang masuk dalam benua Asia. Kawasan ini biasanya meliputi seluruh wilayah Siberia yang terletak di Rusia bagian timur.
Rusia adalah sebuah negara berbentuk republik federasi. Merupakan sebuah negara yang terbentang luas dari sebelah timur Eropa hingga sebelah utara Asia. Rusia memiliki luas wilayah 17.075.400 km², sehingga Rusia merupakan sebuah negara yang tercatat sebagai negara terbesar (luas wilayah) di dunia. Luas wilayahnya lebih kurang dua kali lipat dari luas wilayah negara RRC, Kanada atau Amerika Serikat. Jumlah penduduk di negara Rusia menduduki peringkat ke tujuh terbanyak di dunia. setelah RRC, India, Amerika Serikat, Indonesia, Brasil, dan Paskistan.
Dahulu negara ini merupakan bagian terbesar dari negara kesatuan Uni Soviet. Rusia adalah ahli waris utama Uni Soviet; negara ini mewarisi 50% jumlah penduduk, 2/3 luas wilayah, dan kurang lebih 50% aset-aset ekonomi dan persenjataannya.
Saat ini Rusia berusaha keras untuk meraih status sebagai negara adidaya lagi. Meskipun Rusia adalah negara penting, tetapi statusnya masih jauh dibandingkan dengan status Uni Soviet dulu.
2.1.3 Kondisi Iklim Asia Utara
          Wilayah Asia Utara khususnya di Siberia Utara memiliki iklim continental kutub dengan ciri – ciri musim dingin berlangsung lama sedang musim panasnya berlangsung singkat. Curah hujan terbanyak jatuh di dataran rendah sepanjang muara Sungai Amur (1.016 mm/tahun) yang jatuh pada musim panas dan dibawa oleh angin muson tenggara dari laut Jepang. Sebagian besar iklim di Rusia adalah iklim benua, hal ini disebabkan bentuk dari Rusia yang berupa daratan benua sehingga pengaruh iklim lautan hanya terasa di daerah tepi saja. Jarak pusat daratan Rusia ke laut sekitar 3840 km. Selain itu oleh karena sebagian besar wilayah Rusia berada di lintang utara daerah ini didominasi oleh iklim kutub dimana iklim kutub mempengaruhi wilayah utara mulai dari Arkhangels hingga Siberia. Sebagian besar daerah yang berada pada iklim kutub selalu tertutup salju yang membeku selama enam bulan. Suhu tahunan rata-rata untuk wilayah yang berada di bagian utara dengan iklim kutub berada di bawah titik beku. Untuk beberapa wilayah yang berada di garis lintang di bawah 600 Lintang utara memiliki Iklim 4 musim dimana didominasi musim dingin selama 5 bulan sejak November--Maret, musim semi bulan April--Mei, musim panas bulan Juni--Agustus, dan musim gugur bulan September-Oktober.
          Pada musim dingin, tekanan tinggi menyebabkan angin bertiup dari arah selatan dan barat daya menuju ke segala arah kecuali Rusia yang dekat dengan Pasifik. Sedangkan pada musim panas disebabkan oleh tekanan rendah angin terbawa dari bagian utara dan barat laut menuju ke daratan. Rusia adalah negara terdingin di dunia, dimana menurut catatan rata-rata suhu di kota-kota besar berada di bawah titik beku. Berikut adalah catatan mengenai rata-rata suhu di beberapa tempat di Rusia:
·      rata-rata suhu bulan Januari adalah -6 ° C di Saint Petersburg, 
·      -27 ° C di Dataran Siberia Barat,
·      -43 ° C pada Yakutsk (di timur-tengah Siberia, di sekitar garis lintang yang sama seperti Saint Petersburg),
·      Suhu terendah tercatat -68 ° C, tercatat di Verkhoyansk di tengah utara Siberia dan rekor tinggi dari 43 ° C, tercatat di beberapa stasiun selatan (Volgograd).
Rusia mempunyai tingkat presipitasi yang rendah, hal ini disebabkan oleh pengaruh dari laut yang sedikit. Curah hujan tertinggi berada di bagian barat laut. Daerah terbasah berada di daerah subtropis Kaukasus dan sepanjang pantai Pasifik. Sepanjang pantai Baltik, curah hujan tahunan rata-rata adalah 600 milimeter, dan di Moskow adalah sekitar 525 milimeter. Sedangkan di sepanjang perbatasan Rusia-Kazakhstan rata-rata hanya dua puluh milimeter, dan sekitar lima belas milimeter jatuh di Siberia, Kutub Utara di sepanjang pantai. Penutupan salju di Rusia sangat bervariasi, untuk wilayah Rusia sebagian barat dari pegunungan Ural penutupan salju terjadi kurang lebih selama 200 hari sedangkan untuk wilayah bagian timur (Siberia) antara 120-250 hari.
2.1.4 Kondisi Hidrologi
Rusia merupakan negara yang kaya akan air. Luas perairan dari Rusia mencapai 79.400 km2, luasan ini melingkupi perairan daratan dan lautan.
a.    Perairan laut
Rusia berbatasan langsung dengan beberapa samudera besar di dunia yaitu samudera pasifik dan samudera arktik serta laut kaspia. Sebagian besar lautan di Rusia selalu membeku terutama di musim dingin. Dari luasnya lautan Rusia hanya beberapa lautan yang tidak tertutup es yaitu Laut Barents, Laut Putih, Laut Kara, Laut Laptev dan Laut Siberia Timur yang merupakan bagian dari Arktik atau kutub utara, serta Laut Bering, Laut Okhotsk dan Laut Jepang yang merupakan bagian dari Samudra Pasifik. Laut-laut ini sangat penting bagi Rusia karena vital bagi keamanan dan perekonomian Rusia. Salah satu pelabuhan yang dimiliki Rusia adalah Pelabuhan Murmansk, pelabuhan ini sangatlah penting karena tidak membeku ketika musim dingin. Di Rusia terdapat beberapa teluk penting yaitu diantaranya adalah :
1.    Teluk Khatanga adalah teluk yang terletak di Laut Laptev. Laut ini memiliki panjang 220 km dan lebar 54 km. Pulau Bolshoy Begichev membagi teluk ini menjadi dua selat: Selat Utara dan Selat Timur. Kedalaman maksimal teluk ini adalah 29 m. Sungai Khatanga mengalir ke teluk ini.
2.    Teluk Middendorff adalah teluk yang terletak di pantai semenanjung Taymyr. Teluk ini terletak sebelah barat daya dari Kepulauan Nordenskiöld di Laut Kara. Teluk Middendorff dikelilingi oleh pantai tundra. Teluk ini dipenuhi oleh kepulauan kecil.
3.    Teluk Taymyr adalah teluk di Laut Kara yang di dalamnya terdapat muara Sungai Taymyr. Ikan seperti char Arktik dan muksun sangat umum ditemui di perairan ini.
4.    Teluk Yenisei adalah muara besar dan panjang dari Sungai Yenisei ke Laut Kara. Teluk Yenisei terbentuk oleh sungai yang meluas.


b.    Perairan darat
Rusia mempunyai beberapa sungai yang penting, sebagian kehidupan di Rusia berada di tepi-tepi sungai. Beberapa sungai besar yang ada di Rusia adalah:
1.        Sungai Volga (bahasa Rusia: Волга, Tatar Sirilik: Идел, Latin: İdel) adalah sungai terpanjang di Eropa. Sungai ini mengalir ke bagian barat Rusia, dan secara luas dipandang sebagai sungai nasional Rusia. Sebelas dari dua puluh kota terbesar Rusia, termasuk ibukotanya, Moskwa, terletak di tepi sungai Volga.
2.        Sungai Neva ialah sebuah sungai di barat laut Rusia, yang berhulu di Danau Ladoga dan melintasi Saint Peterburg dan bermuara di Teluk Finlandia. Meskipun panjangnya sedang-sedang saja, Neva adalah sungai terbesar ke-3 di Eropa dalam hal aliran rata-rata, setelah Sungai Volga dan Donau. Lembah Neva termasuk Danau Ladoga dan Onega, 2 danau terbesar di Eropa, dan mencakup daerah besar di Rusia Barat Daya dan Finlandia Selatan.
3.        Sungai Dnieper adalah sungai yang mengalir dari Rusia, melintasi Belarusia dan Ukraina, hingga ke Laut Hitam. Panjangnya 2.285 km, dimana 485 km melintasi Rusia, 595 km melintasi Belarusia, serta 1.095 km melintasi Ukraina. Sumber Sungai Dnieper adalah rawa-rawa Bukit Valdai di Rusia Tengah, dengan ketinggian 220 meter. Sepanjang 115 km, sungai ini menjadi batas negara Belarusia dan Ukraina. Sungai ini dihubungkan dengan Sungai Bug oleh Terusan Dniper-Bug. Sungai Dnieper sangat penting bagi transportasi ekonomi Ukraina, yang memungkinkan kapal dengan ukuran hingga 270 x18 meter mengakses pelabuhan Kiev. Sungai ini juga digunakan oleh kapal penumpang. Pada musim dingin, navigasi terhenti karena sungai membeku. Sungai ini juga dikenal akan bendungan dan PLTA, diantaranya PLTA Dnieper di dekat Zaporizhia, yang dibangun tahun 1927-1932 dengan output 558 MW. Bangunan ini rusak selama Perang Dunia II, dan dibangun kembali tahun 1948 dengan output 750 MW.
4.        Sungai Lena merupakan sungai terbesar ke-10 di dunia. Sungai ini terletak di Siberia. Panjangnya 4.400 km (2.734 mil). Sungai ini bermuara dari Laut Arktik hingga Gunung Baikal.
5.        Sungai Moskva (Rusia: Москва-река) merupakan nama sungai di sebelah barat Rusia, mengalir sejauh 503 km. Oblast yang mengaliri sungai ini ialah Oblast Moskwa dan Oblast Smolensk. Sungai ini bertemu dengan Sungai Ruza, Sungai Istra, Sungai Yauza, Sungai Pakhra, dan Sungai Severka. Terdiri dari 61% air, 12% hujan, dan 27% bagian tanah. Kota yang dilintasi sungai ini ialah Mozhaysk, Zvenigorod, Zhukovsky, Bronnitsy, Voskresensk, dan Moskwa.
6.        Sungai Ural merupakan sebuah sungai yang terletak di Rusia dan Kazakhstan. Sungai ini bermuara dari Pegunungan Ural hingga Laut Kaspia. Sungai ini memiliki panjang 2.428 km. Sungai ini bermuara di dua benua yaitu Eropa dan Asia.
7.        Sungai Yenisei (bahasa Rusia: Енисе́й) adalah sungai terbesar yang mengalir ke Samudra Arktik, dan dengan kepanjangan 5.539 km merupakan sungai terpanjang ke-5 di dunia. Sungai ini terletak di Rusia. Di bagian tengah sungai ini terdapat bendungan hidroeletkrik besar. Kontaminasi industri menjadi masalah di wilayah ini.
8.        Sungai Vilyuy (Rusia: Вилюй) merupakan sebuah sungai di Rusia. Sungai ini memiliki panjang 2.650 km. Sungai ini terletak di Daratan Siberia Tengah. Kota yang bermuara di sungai ini ialah Cherynshevskiy, Suntar, Nyurba and Verkhnevilyuysk. Terletak di mulut Sungai Lena. Sungai ini ditemukannya tempat tambang intan pada tahun 1950-an.
9.        Sungai Khatanga (bahasa Rusia: Хатанга) adalah sungai yang terletak di Krai Krasnoyarsk, Rusia. Sungai Khatanga memiliki panjang 227 km dan mengalir ke Teluk Khatanga di Laut Laptev. Sungai ini membeku pada akhir September/Oktober awal hingga Juni awal. Sungai ini dapat dilewati, dan pelabuhan sungai Khatanga terletak di sungai ini.
10.    Sungai Anadyr (Rusia: Ана́дырь) merupakan sebuah sungai yang terletak di Siberia bagian timurlaut Rusia. Sungai ini bermuara dari Pegunungan Stanovoi hingga mulut Teluk Anadyr di Laut Bering. Sungai ini memiliki panjang 1.150 km. Sungai ini mengalami pembekuan terjadi pada bulan Oktober hingga April.
11.    Sungai Kolyma merupakan sebuah sungai yang terletak di timurlaut Siberia. Sungai ini bermuara di Okrug Otonom Chukotka, Republik Sakha, dan Oblast Magadan, Rusia. Bermuara di pegunungan di utara Okhotsk dan Magadan. Panjang sungai ini ialah 2.129 km.Sungai Kolyma membeku selama 250 hari lebih dan mencair dari bulan Juni hingga bulan Oktober.
12.    Selain sungai di Rusia juga terdapat beberapa danau yang penting bagi kehidupan masyarakatnya. Danau-danau tersebut antara lain:
13.    Danau Baikal adalah danau terdalam dan tertua di dunia serta mempunyai kandungan air tawar terbanyak di Bumi. Danau ini berisi lebih dari 20% air tawar dunia dan lebih dari 90% air tawar Russia. Danau ini merupakan Situs warisan dunia yang terletak di selatan Siberia di Russia, antara Oblast Irkutsk di barat laut dan Buryatia di tenggara, dekat kota Irkutsk. Nama ini berasal dari kata Tatar "Bai-Kul" - "danau kaya". Dia juga dikenal dengan "Mata Biru Siberia". Dalam bahasa Russia, dia disebut Байка́л (Ozero Baykal, О́зеро secara harfiah berarti Danau), dan dalam bahasa Buryat dan Mongol dia disebut Dalai-Nor, atau "Laut suci".
14.    Danau Khaiyr adalah danau vulkanik yang terletak di daerah Yakutia di Siberia timur. Permukaannya diperkirakan seluas 72 are (29 ha) dan memiliki sedikit ikan. Kedalamannya masih belum diketahui. Danau ini disebut "Khaiyr" yang berarti "untuk mencintai" dalam Mongolia modern karena pengaruh Mongol di daerah ini. Danau ini menjadi pusat kontroversi sejak tahun 1964 ketika ilmuwan dari Universitas Moskwa mengklaim telah melihat binatang zaman prasejarah dalam ekspedisinya untuk mensurvey endapan mineral di danau ini.
2.1.5 Persebaran Tanah
Daratan besar Rusia dibatasi pada dua sisinya oleh lautan, yakni Arktik di utara dan Pasifik di timur. Negara-negara tetangganya adalah Korea Utara, China, Mongolia, dan Kazakhstan di selatan; Azerbaijan dan Georgia di barat daya; Moldova, Ukraina, Belarus, Polandia, Lithuania, Latvia, dan Estonia di barat; serta Finlandia dan Norwegia di barat laut. Arktik utara memanjang dari Norwegia ke Selat Bering. Daerah ini terdiri atas tundra, banyak juga permafrost, atau tanah beku permanen. Tepat di bawah tundra dan membentang di seluruh negeri, hampir tidak terganggu oleh Pegunungan Ural yang berukuran sederhana, adalah sabuk hutan luas yang dikenal sebagai Taiga. Di selatan Taiga merupakan wilayah padang rumput luas, atau dataran. Dataran ini mengandung beberapa tanah paling subur di negara itu. Stepa mencapai selatan sejauh Laut Hitam dan Pegunungan Kaukasus dan meluas, lebih sempit, ke timur Pegunungan Ural. Di sana stepa menyatu ke dalam daerah semi-gurun Asia Tengah.
Lanskap Rusia ditandai dengan dataran luas, dataran tinggi berbatu, dan pegunungan yang menjulang tinggi. Bagian barat negara itu mencakup dua dataran yang luas, yaitu Dataran Rusia (atau Eropa) dan Dataran Siberia Barat. Dataran Rusia dipisahkan dari Dataran Siberia Barat oleh Pegunungan Ural. Daerah ini merupakan bagian dari batas tradisional antara Eropa dan Asia. Di timur, tanah naik ke Dataran Tinggi Siberia Tengah serta dataran tinggi dan pegunungan Siberia Timur. Rusia di bagian Asia ukurannya berkali-kali lebih besar daripada Rusia di daerah Eropa. Tapi wilayah itu jauh lebih jarang penduduknya, karena iklimnya lebih keras dan tanahnya kurang subur.
Dataran Rusia
Dataran besar Rusia (atau Eropa) adalah wilayah Rusia paling barat. Diairi oleh Sungai Volga dan sungai Dvina Utara serta anak-anak sungainya, dataran ini meluas sampai Pegunungan Ural di timur jauh. Dataran Rusia adalah jantung Rusia yang memiliki tanah paling subur dan mendukung populasi terbesar. Puncak tertinggi di negara itu terletak dalam wilayah ini, terutama di Pegunungan Kaukasus di sepanjang perbatasan selatan Rusia antara Laut Hitam dan Laut Kaspia. Dengan ketinggian 5.642 meter, Gunung Elbrus, di Pegunungan Kaukasus, merupakan puncak gunung tertinggi di Eropa.
Pegunungan Ural
Pegunungan Ural, bersama dengan Pegunungan Kaukasus di barat daya, membentuk batas-batas tradisional antara Eropa dan Asia. Gunung-gunung ini berhutan lebat dan kaya akan sumber daya mineral. Puncak tertinggi di antara keduanya adalah Gunung Narodnaya, setinggi 1.894 meter. Secara historis, Ural yang relatif rendah bukanlah penghalang alami yang berguna terhadap invasi dari timur. Masyarakat nomaden dari Asia menyeberang ke Rusia di abad-abad awal, termasuk orang Mongol yang suka berperang.
Dataran Siberia Barat
Di timur Ural, Dataran Siberia Barat terus meluas sejauh Sungai Yenisey. Wilayah ini dibentuk oleh endapan glasial dari Zaman Es terakhir. Dataran ini berhutan dan berawa. Dataran Tinggi Siberia Tengah. Dengan ketinggian 610 meter atau lebih di atas permukaan laut, Dataran Tinggi Siberia Tengah mencakup wilayah yang luas antara sungai Yenisey dan Lena. Dataran Tinggi Siberia Timur. Lebih jauh ke timur adalah pegunungan dari Dataran Tinggi Siberia Timur dan medan bervariasi dari wilayah pesisir Pasifik. Pegunungan terbesar di wilayah ini adalah Kamchatka, Kolyma, dan Chukotskoye Nagor’ye.
Sungai dan Danau
Rusia memiliki jaringan luas sungai. Volga adalah sungai terpanjang di Eropa, mengalir 3,689 kilometer di Dataran Rusia, selatan Laut Kaspia. Dnieper adalah sungai terpanjang ketiga di Eropa, yang bermula di Rusia dan mengalir ke selatan ke Ukraina. Sungai-sungai besar lainnya di Rusia barat adalah sungai Don, Oka, dan Sukhona. Beberapa sungai lain mengalir ke utara ke Samudra Arktik, seperti sungai Dvina Utara dan Pechora di Eropa dan sungai Ob’, Yenisey, dan Lena di Asia. Sungai Amur merupakan bagian dari perbatasan dengan China yang mengalir ke Pasifik.
Dua danau terbesar di Eropa, Ladoga dan Onega, terletak dalam Rusia, tidak jauh dari St. Petersburg. Danau Baikal yang besar di Rusia Asia adalah danau terdalam di dunia. Danau ini diperkirakan mengandung seperlima dari semua air tawar di planet ini. Tapi danau ini terancam polusi. Rusia berbatasan dengan Laut Kaspia (sebenarnya adalah sebuah danau garam), perairan pedalaman terbesar di dunia, terletak di sebelah timur Kaukasus, di perbatasan antara Eropa dan Asia.
2.2 Kondisi Demografi
2.2.1        Suku dan Ras
Asia Utara mayoritas penduduknya merupakan Ras Kaukasoid. Ras ini memiiki ciri-ciri fisik seperti berkulit putih dan berbadan tinggi. Ras ini hampir menyerupai ras Europoid di Eropa namun  hal yang memberikan perbedaan di antara dua jenis ras ini adalah warna rambutnya. Ras Kaukasoid memiliki rambut hitam (atau cokelat kehitaman) bergelombang sementara ras Europoid memiliki warna rambut pirang. Seperti halnya dengan ras Mongoloid, ras Kaukasoid juga memiliki beberapa subras, seperti subras Arya, Bedoins (Arab), Baltik Timur, Nordik, Alpen, Dinarik, Mediterania, Turanid dan Afghan (Iranid). Namun hanya subras Bedoins (Arab), Mediterania, Turanid dan Afghan (Iranid) yang berada di Asia.
2.2.2        Penduduk Asia Utara
Jumlah penduduk negara Rusia berdasarkan statistik (2013-2014) adalah sekitar 138.082.178 dengan perbandingan jumlah laki-laki sebesar 63.982.711 dan jumlah penduduk perempuan sebesar 74.099.467.
Saat ini Negara Rusia menduduki peringkat 7 negara dengan populasi penduduk terbanyak di dunia. Uniknya, walaupun Rusia mempunyai luas wilayah yang besar, kepadatan penduduknya dapat dikatakan sangat rendah. Kepadatan penduduk yang tertinggi berada di belahan Eropa Rusia, di kawasan Pegunungan Ural dan di barat daya Siberia. Bagian tenggara Siberia yang bertemu dengan Samudra Pasifik jarang dihuni, sementara bagian selatannya adalah kawasan yang terpadat.
Komposisi Etnis (2002)
79.8%
3.8%
2.0%
1.2%
1.1%
0.9%
0.8%
Lain-lain/ tidak diketahui
10.4%

          Terdapat lebih dari 160 kelompok etnis dan suku-suku pribumi yang berbeda di Rusia. Menurut sensus tahun 2002, 79,8% penduduknya berasal dari suku Rusia, 3,8% suku Tatar, 2% suku Ukraina, 1,2 suku Bashkir, 1,1% suku Chuvash, 0,9% suku Chechen, 0,8% suku Armenia. 10,3% sisanya termasuk orang-orang yang tidak menyebutkan sukunya serta 0,56% suku Avar, 0,43% suku Azerbaijan, 0,56%suku Belarusiasuku Buryatsuku Hansuku Evenk, 0,14%Ingushsuku InuitYahudi, 0,36% suku Kabardinosuku Kalmyk, 0.13% suku Karacaysuku Karelia, 0,45% suku Kazakh, 0,20% suku Komisuku Korea, 0.42% suku Marisuku Mordvinsuku Nenetse, 0,35% suku Ossetiasuku Polandia, 0,17% suku Tuvansuku Udmurtsuku Uzbeksuku Yakut, dan lain-lain. Hampir seluruh dari kelompok-kelompok ini tinggal di kawasannya masing-masing; hanya suku Rusia yang dapat ditemukan dalam jumlah yang signifikan di seluruh kawasan di negara tersebut.
2.2.3        Ekonomi dan Budaya
Rusia termasuk dalam ekonomi pasar berpendapatan tinggi dengan sumber daya alam yang luar biasa besar, terutama minyak dan gas alam. Negara ini menempati posisi ke-15 menurut nominal PDB dan peringkat ke-6 menurut keseimbangan kemampuan berbelanja (PPP). Sejak awal abad ke-21, konsumsi dalam negeri yang meningkat dan stabilitas politik membawa pertumbuhan ekonomi di Rusia. Tahun 2008, pertumbuhan mulai melambat seiring jatuhnya harga minyak dan gas. PDB per kapita negara ini adalahi US$19.840 tahun 2010. Pertumbuhan paling banyak digerakkan oleh jasa non-dagang dan barang untuk pasar domestik. Rata-rata gaji bulanan di Rusia adalah $967 per bulan tahun 2013, naik dari $80 tahun 2000. Bulan Maret 2014 gaji bulanan rata-rata mencapai 30.000 RUR (atau US$980), sedangkan pajak pribadi adalah 13%.[102] Sekitar 12,8% penduduk tinggal dibawah garis kemiskinan nasional tahun 2011, turun signifikan dari angka 40% tahun 1998 ketika titik terburuk pasca runtuhnya Soviet. Pengangguran di Rusia adalah 5,45% tahun 2014, turun dari 12,4% tahun 1999. Kelas menengah naik dari 88 juta penduduk tahun 2000 menjadi 104 juta tahun 2013. Impor gula turun hingga 82% antara tahun 2012 dan 2013 berkat naiknya produksi domestik.
https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/0/06/Russian_economy_since_fall_of_Soviet_Union.PNG/220px-Russian_economy_since_fall_of_Soviet_Union.PNG
Ekonomi Rusia sejak berakhirnya Uni Soviet
Minyak, gas alam, logam, dan kayu menyumbang lebih dari 80% ekspor Rusia keluar negeri. Sejak 2003, ekspor barang mentah mulai berkurang seiring dengan membaiknya pasar dalam negeri. Meskipun harga energi tinggi, migas hanya menyumbang 5,7% PDB Rusia. Pendapatan minyak memungkinkan Rusia meningkatkan cadangan luar negerinya dari $12 milyar tahun 1999 menjadi $597,3 milyar tahun 2008, terbesar ketiga di dunia.  Kebijakan makroekonomi dibawah Menteri Keuangan Alexei Kudrin terasa bijak dan terdengar baik, pendapatan yang berlebih disimpan di Dana Stabilisasi Rusia. Tahun 2006, Rusia membayar hampir semua utang-utang besarnya, membuatnya menjadi salah satu negara dengan utang luar negeri terendah diantara negara-negara besar. Dana Stabilisasi membantu Rusia keluar dari krisis keuangan global dalam kondisi yang jauh lebih baik daripada yang banyak diperkirakan para ahli.
Kebijakan pajak yang lebih sederhana dicoba diadopsi tahun 2001 melonjakkan pendapatan negara dari pajak. Tingkat pajak di Rusia dikenakan tarif flat sebesar 13%. Hal ini menempatkan Rusia sebagai negara dengan sistem pajak pribadi paling menarik ke-2 di dunia setelah Uni Emirat Arab. Menurut Bloomberg, Rusia dianggap lebih maju daripada negara kaya sumber daya alam lainnya, dengan tradisi pendidikan, sains, dan industri yang baik. Negara ini memiliki tingkat lulusan perguruan tinggi paling baik diantara negara lainnya di Eurasia.
Rusia adalah negara multikultural yang dipengaruhi oleh berbagai macam budaya. Budaya dominan di sana adalah budaya Gereja Ortodoks Yunani yang telah merasuk ke sendi-sendi kehidupan rakyat. Kebudayaan Slavia yang OrtodoksTatar yang Islamsuku Buryat yang nomaden, paganisme di Timur Jauh menambah keragaman di Rusia.
2.2.4 Pendidikan
Sistem pendidikan di Rusia meliputi taman kanak-kanak (playgroup, sejak usia bayi 1 tahun sampai taman kanak-kanak lanjut sejak usia 3 tahun),sekolah menengah (sejak usia 7 tahun), "gimnasium" (semacam sekolah menengah dengan kurikulum yang lebih luas), sekolah dan sekolah kejuruan, perguruan tinggi (institut, universitas dan akademi). Sekolah menengah terdiri dari 3 tahun sekolah dasar, 6 tahun sekolah menengah utama dan 2 tahun sekolah menengah penuh. Ada sekolah menengah khusus di mana mata pelajaran tertentu diutamakan, misalnya bahasa, matematika, fisika dan lain-lain. Sejumlah perguruan tinggi mengikuti sistem Barat dan mempunyai dua peringkat: BA (4 tahun) dan MA (2 tahun) tetapi kebanyakannya tetap sesuai sistem lama yaitu tanpa gelar BA dan MA (para tamatan diberi kualifikasi saja, misalnya guru sekolah, penerjemah, insinyur dan lain-lain) dengan tempo pelajaran 5-6 tahun. Jumlah universitas negeri (1994) ialah lebih dari 40, disertai 80 universitas khusus (teknik, medis, keguruan, pertanian) yang dulu bertaraf institut saja dan lebih dari 30 universitas swasta.
Rusia memiliki tingkat lulusan perguruan tinggi paling baik sedunia, pada angka 54%.Rusia memiliki sistem pendidikan bebas yang dijamin untuk semua penduduk oleh Konstitusi, namun untuk masuk pendidikan tinggi yang disubsidi sangat kompetitif. Sebagai hasil dari pendidikan yang berorientasi sains dan teknologi, maka pendidikan kedokteran, matematika, ilmu alam, dan penerbangan di Rusia umumnya berkualitas baik. Sejak tahun 1990, pendidikan sekolah 11 tahun diperkenalkan. Pendidikan sekolah tingkat menengah milik negara gratis. Pendidikan tingkat universitas gratis, dengan pengecualian. Sebagian siswa yang masuk membayar penuh (banyak universitas negeri yang berubah komersial beberapa tahun belakangan).
Tahun 2004, belanja negara untuk pendidikan mencapai 3.6% PDB atau 13% anggaran negara. Pemerintah mengalokasikan dana untuk membayar uang sekolah menurut kuota atau jumlah siswa tiap lembaga di negara bagian. Untuk institusi pendidikan tinggi, siswa membayar stipendium dan diberikan tempat tinggal gratis apabila tinggal di luar kota. Universitas di Rusia yang terbesar dan tertua adalah Universitas Negeri Moskwa dan Universitas Negeri Saint Petersburg. Pada tahun 2000-an, untuk mencapai kesetaraan pendidikan tinggi dan lembaga penelitian di berbagai wilayahnya, pemerintah meluncurkan program pendirian "universitas federal", sebagian besar dibentuk dengan menggabungkan universitas regional yang sudah eksis dengan lembaga penelitian, kemudian memberi mereka pendanaan khusus. Lembaga baru ini diantaranya Universitas Federal SelatanUniversitas Federal SiberiaUniversitas Federal Kazan VolgaUniversitas Federal Timur Laut, danUniversitas Federal Timur Jauh.








BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
1.    Sejarah Rusia diawali dengan perpindahan bangsa Skandinavia  yang menyeberangi Laut Baltik serta pada tahun 862 M memasuki kota Novgorod . Pada tahun 882 ia menguasai Kiev, kota Slavia yang berkembang menjadi pusat perdagangan antara Skandinavia dan Konstantinopel. Pada tahun 989 Vladimir I meluaskan wilayahnya hingga Kaukasus dan Laut Hitam serta mengambil ajaran Gereja Ortodoks Yunani. Kerajaan Kiev Rusia berakhir setelah serangan Mongol pada tahun 1237 oleh Batu Khan, cucu Genghis Khan.
2.    Asia Utara terletak di wilayah bagian utara benua Asia. Secara geografis, kawasan ini terdapat 1 negara yaitu Rusia yang memiliki iklim continental kutub dan iklim benua serta kondisi hidrologi cukup baik karena kaya dengan air dengan luas perairan mencapai 79.400 km2 yang melingkupi perairan daratan dan lautan. Dengan ini kondisi persebaran tanah nya tanah fluvial dan vulkanisme.
3.    Kondisi demografi Asia Utara mayoritas penduduknya merupakan Ras Kaukasoid dengan jumlah penduduk 138.082.178 jiwa.
4.    Di Rusia pendidikan wajib bagi anak yang berusia antara 6 sampai 17 tahun. Hampir semua orang di atas usia 15 tahun dapat membaca dan menulis. Sekolah dari kelas satu sampai perguruan tinggi gratis.
5.    Rusia adalah sebuah negara yang yang membentang luas di sebelah timur Eropa dan utara Asia dengan luas wilayah 17.075.400 km2.
6.    Negara Rusia memiliki dua kali luas Amerika Serikat, atau dua kali wilayah Republik Rakyat Cina dan dua kali luas wilayah Kanada.
7.    Negara Rusia memiliki jumlah penduduk terbanyak ketujuh di dunia. Jumlah ini lebih kecil dibandingkan jumlah penduduk enam negara yang terbesar jumlah penduduknya, yaitu Cina, India, Amerika Serikat, Indonesia, Brazil dan Pakistan.
8.    Rusia memiliki perindustrian unggulan yang maju yang merupakan warisan dari masa pemerintahan Stalin. Di antara sekian industri yang ada di Rusia, industri perlengkapan dan peralatan militer adalah yang paling dikenal.
9.    Rusia mewarisi senjata nuklir yang di beriakan oleh Uni Soviet.


10.  Budaya yang menyebar di masyarakat Rusia sangat bermacam-macam karena dipengaruhi oleh banyak budaya. Namun ada budaya yang dominan di Rusia yaitu budaya gereja ortodoks. Budaya lain yang juga menambah keragaman rusia adalah kebudayaan Slavia, Islam, dan Suku Buryat.
3.2 Saran
Disini penulis mengharapkan kritikan dan saran dari pembaca karena makalah kami ini belum sempurna, semoga pembaca dan penulis dapat memahami mengenai regional dunia khususnya pada regional Asia Utara.



























DAFTAR PUSTAKA
Amal, Ichlasul. 2004. ”Sistem Pemerintahan.” Jakarta: Lembaga Administrasi  Negara.
Jakarta:Asshidiqie, Jimly. 2004.  Etika Birokrasi Penegakan Hukum Dan “Good Governence.” Jakarta: Lembaga Administrasi Negara.
Bennis, Warren & Michael Mische. 1995.  The 21st Century Organization,  Reventing Through Reengineering. Kuala Lumpur: Golden Books Center.
Considine. Mark. 1994.  Public Policy: A Critical Approach. Melbourne: McMillan Cushway,
Dunn, William N. 1981. Public Policy Analysis: An Introduction. New Jersey: Englewood Cliffs
Dye, Thomas R. 1992.  Understanding Public Policy.  New Jersey: Englewood Cliffs
Edward III, George C. 1980.  Implementing Public Policy. Washington DC : Congressional Quarterly Press.
Anonim. 2014. Rusia. http://id.wikipedia.org/wiki/Rusia. Yang diakses pada tanggal 03 Maret 2017
Excerpted from Glenn E. Curtis .1998. "Russia: A Country Study: Kievan Rus' and Mongol Periods". Washington, D.C.: Federal Research Division of the Library of Congress. Yang diakses pada tanggal 03 Maret 2017
"Country Profile.2009. Russia". Foreign & Commonwealth Office of the United Kingdom. Yang diakses pada tanggal 03 Maret 2017











 

Comments

Popular posts from this blog

MAKALAH PENGETAHUAN DASAR KOMPUTER

PENGETAHUAN DASAR KOMPUTER DISUSUN OLEH:               NAMA              :                NPM                  :                MK                    : APLIKASI KOMPUTER               DOSEN             :                                       , M.Kom               PRODI              : AGRIBISNIS FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS ALMUSLIM BIREUEN 2019 KATA PENGANTAR Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT karena berkat rahmat dan hidayah-Nya penulis telah mampu menyelesaikan makalah berjudul “Pengetahuan Dasar Komputer”. Makalah ini disusun untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah. Komputer adalah alat yang digunakan untuk membantu pekerjaan manusia, misalnya mulai dari mengerjakan pekerjaan kampus, sekolah, kantor, multimedia, bahkan hiburan. Dengan demikian, jelas bahwa untuk bekerja, komputer memerlukan instruksi dari pengguna yang kemudian disebut sebagai brainware. Manusia melakukan interaksi dengan ko

LAPORAN OBSERVASI DAN WAWANCARA TK AL- REZA

LAPORAN OBSERVASI DAN WAWANCARA TK AL- REZA DISUSUN OLEH: NAMA              :          NPM                 :          DOSEN             :           PRODI              :         PG-PAUD FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS ALMUSLIM BIREUEN 2019 KATA PENGANTAR Assalamu’alaikum warohmatullahi wabaraokatuh Puji syukur saya panjatkan kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat-Nya sehingga dapat melaksanakan observasi dan menulis laporan hasil observasi tepat pada waktunya. Dan ucapan terimakasih kepada ibu Berliantika Putri Aswir, M.Pd. Kons, selaku Dosen Pengampu Mata Kuliah yang sudah memberikan tugas kepada saya agar dapat mengobservasi secara langsung di lembaga TK. Laporan ini merupakan hasil observasi saya dari TK AL-REZA. Tersusunnya laporan ini tidak terlepas dari bantuan berbagai pihak sehingga pada kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih kepada yang Semua pihak yang tidak bisa disebutk

makalah Perencanaan karangan

BAB I PENDAHULUAN 1.1     Latar Belakang google Perencanaan karangan merupakan tahap awal yang dilakukan oleh seorang pengarang untuk mengumpulkan informasi, merumuskan masalah, menentukan pembatasan masalah, mengamati objek yang ditulis, dan menuangkan gagasannya dari awal penulisan hingga akhir penulisan. Perencanaan karangan penting dibuat agar karangan dapat terstruksur dengan baik, menarik para pembaca dan mudah dipahami. Jika perencanaan karangan tidak dibuat maka pengarang akan mengalami kesulitan dalam penulisan, apalagi dalam penulisan karangan formal seperti makalah penelitian, skripsi, tesis dan disertasi, atau karangan ilmiah lainnya menuntut beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Untuk memudahkan pembuatannya, maka diperlukan perencanaan karangan yang terdiri atas beberapa tahapan penulisan. Oleh karena itu, melihat pentingnya pembuatan perencanaan karangan sebelum membuat karangan, maka tim penulis tertarik untuk membahas perencanaan karangan lebih